TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Minat baca masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menunjukkan peningkatan yang menggembirakan. Bahkan di kolong fly over pun menjadi tempat yang nyaman untuk membaca dan memperluas wawasan.

“TBM Kolong memiliki banyak buku bacaan gratis yang bermanfaat untuk masyarakat Ciputat dan sekitar. Dan, TBM Kolong ini terbuka untuk umum, siapa saja boleh mampir dan membaca ribuan buku bacaan yang ada disini,” ungkap pengelola TBM Kolong, Nia Margaretha.

Berdasarkan data bulan Juni 2018, TBM kolong memiliki 7 jenis buku. Dari buku cerita, komik, buku pelajaran, buku bacaan dan lainnya, dengan total 1020 buku. Masih banyak buku yang dimiliki dan masih dalam tahap pendataan.

Menurut Nia, pengunjung yang kerap mengunjungi TBM Kolong berasal dari lingkungan warga sekitar kolong, para pedagang, anak-anak sekolah dan komunitas-komunitas yang berdomisili di Tangsel.

“Kami sebagai pengelola sangat mengapresiasi kegiatan di tbm kolong sebagai wadah belajar dan mengajar masyarakat,” imbuhnya.

TBM Kolong juga sudah menorehkan prestasi. Belum lama ini TBM Kolong berhasil meraih Juara 1 tingkat provinsi yang sekaligus menjadi role model TBM di Banten. “Alhamdulillah, TBM Kolong meraih peringkat pertama tingkat provinsi sekaligus menjadi role model TBM di Banten,” tandasnya. (nov)