PENTAS TARI – Para seniman cilik binaan Sanggar Tari Bagaskara, unjuk kemapuan di anjang Pentas Seni Tari Tradisional, di Tans Mart Yasmin, Kota Bogor.

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Panitia Hari Jadi Bogor (HJB) ke-536 tahun 2018, bekerjasama dengan pengelola sanggar tari Bagaskara menggelar acara Pentas Seni Tari Tradisonal, di lokasi Transmart Yasmin, Kota Bogor  Senin, (16/07).

Ketua Panitia Kegiatan, Hj. Suci Wardini mengatakan, ajang pentas Seni Tari Tradisinonal yang diikuti sebanyak 270 peserta dari sangar tari Bagaskara ini digelar dalam rangaka memeriahkan HJB Kota Bogor ke-536, sekaligus ajang evaluasi bagi Sangar Bagskara ke-16.

“Pentas Seni Tari Tradisonal ini sebagai ajang hiburan dan persembahan kami warga Kota Bogor untuk ikut memeriahkan HUT Kota Bogor ke-536,” ujarnya bangga.

Dalam ajang pentas seni tari tradisinal tersebut berbagai tarian khas etinis Sunda, seperti tari Jaipongan, Rampak Gendang dan tari lainnya itu mampu menyedot antusiasme pengunjung Trans Mart Yasmin.

“Seru banget, itu adik adiknya juga lucu lucu dan cantik,”kata Nita (24), salah satu pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Seni dan kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, H. Sahlan Rasyidi, yang hadir membuka ajang tersebut mengaku sangat mengapresiasi inisiatif pengelola sanggar Trai Bagaskara bersama pengelola Trans Mart Bogor yang berhasil menyelenggaran ajang pentas tari tradisonal tersebut.

“Ajang seperti ini salah satu program yang akan terus kita kembangkan dalam upaya mendorong potensi pariwisata di Kota Bogor,” ujarnya.

Menurut Sahlan, melalui ajang tersebut selain untuk memeriahkan HUT Kota Bogor ke-536 tahun, ajang pentas seni tari itu juga menjadi ajang evaluasi bagi para siswa/wi binaan sanggar tari Bagaskara.

“Saya melihat potensi anak-anak kita di sanggar ini sungguh luar biasa dan itu harus terus kita dorong agar mereka kedepan lebih berprestasi, tidak hanya dikancah lokal saja, tapi juga internasinal,” tegasnya.

Sahlan juga menyampaikan, bahwa dalam rangka HUT Bogor sekaligus mempromosikan potensi wisata dan budaya, Disparbud bersama Panitia HJB ke-536 tahun 2018, pada 12 Agustus mendatang akan menggelar Pawai Budaya ‘Helaran’ dengan menampilkan berbagai acara hiburan seni dan budaya.

“Acaranya akan dipusatkan di Jalan Sudirman, mulai Pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai. Untuk jumlah peserta diperkirakan akan lebih dari 5.000 peserta. Sebab, kita juga mengundang seniman dari luar daerah yang juga akan ikut berpartisipasi dalam acara Helaran nanti ” jelasnya. (bas)