TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) didesak segera menyelesaikan permasalahan sampah di kota tersebut. Hal ini lantaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Cipeucang kerap menuai keluhan warga akibat bau yang ditimbulkan.

“Karena persoalan Cipeucang ini juga menyangkut hak hidup orang banyak, terutama warga Serpong yang berdampak langsung dengan Cipeucang,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Taufik MA.

Dilihat dari rencana pemerintah hingga tahun 2020 tentang bagaimana memberdayakan pengelolaan sampah di Tangsel, tentu memerlukan waktu yang cukup lama untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah lain.

“Satu sisi, kontribusi untuk daerah lain juga harus dibicarakan. Mengingat jalan yang dilalui harus melalui beberapa daerah. Jadi harus dibicarakan secara transparan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Tehnis (UPT) TPA Cipeucang, Tain Setiawan mengatakan bahwa saat ini, TPA Cipeucang dalam tahap pembenahan. Dalam waktu dekat, pihaknya akan bekerja sama dengan TPA regional global yang ada di wilayah Bandung, Jawa Barat, tepatnya TPA Nambo.

“Sampah dari Tangsel, akan dibuang ke TPA regional Nambo Bandung. Rencananya mulai tahun 2020 nanti,” tandasnya. (nov)