JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Kawasan Kemayoran terus berbenah diri menghadapi Asian Games (AG) yang sudah makin dekat. Jum’at pagi (20/7) ratusan petugas kebersihan yang dikenal sebagai pasukan oranye (PPSU) dan petugas dari pengairan dan pertamanan dan kehutanan serta petugas lapangan PPK Kemayoran bahu membahu menata taman yang ada di seberang jalan Wisma Atlet di Blok D10 dekat RS Mitra Kemayoran.

Selain membersihkan taman, petugas juga membersihkan pedestrian yang dibatasi tembok warna-warni lukisan mural dengan tema Asian Games. Gambar-gambarnya menarik dengan logo dan cabbang-cabang olahraga yang dipertandingkan dalam event Asian Games yang akan dimulai 18 Agustus mendatang.

“Kami dari PPK Kemayoran sejak tahun lalu melakukan pembangunan dan perbaikan taman, termasuk yang di jalan seberang Wisma Atlet ini. Penyediaan pohonnya juga dibantu oleh para kontraktor dan mitra yang ada di Kemayoran. Selain itu juga ada program pengecatan dinding dengan tema Asean Games,” ujar Direktur Perencanaan dan Pembangunan PPK Kemayoran, Riski Renando.

Jika kita melintas Kemayoran sekarang ini, suasananya penuh warna dimana tembok-tembok dihiasi lukisan mural, jembatan dicat warna-warni. Begitu juga rolling toko dan dinding serta atap rumah penduduk banyak yang dicat penuh warna, sehingga suasananya terasa hidup dan penuh bersemangat.

“Kita lihat Wisma Atlet juga dicat warna-warni. Supaya lebih semarak, kita hidupkan spirit Asian Games,” tambah Riski kepada wartawan.

Selain di lingkungan Wisma Atlet perubahan suasana juga dilakukan di sepanjang green belt di sepanjang jalan kawasan Kemayoran yang panjangnya sekitar 5 kilometer. Di beberapa titik lokasi juga ditempatkan pot-pot tanaman yang dicat warna-warni.

Riski mengungkapkan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta, masyarakat dan berbagai pihak yang terlibat dalam upaya menyemarakkan suasana Asian Games khususnya di kawasan Kemayoran. Pernyataan ini dikuatkan oleh Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin yang terkesan dengan semangat dan inisiatif warga sekitar.

“Lukisan mural di sepanjang jalan ini merupakan disain dan karya warga Kemayoran. Pada pagi ini kami juga menata taman yang ada dengan mengerahkan sekitar 350 personil PPSU. Kita lakukan kegiatan ini secara simultan sehingga pada waktu Asian Games nanti kondisinya benar-benar sudah sempurna,” kata Iqbal. (grd)