TANGSEL ( Bisnis Jakarta ) – Memperingati Hari Anak Nasional (HAN), Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmy Diany Minggu (22/7) berbaur dengan anak anak di Taman Baca fly over ciputat. Kegiatan ini sekaligus menunjukkan upaya pemkot dalam menyediakan ruang terbuka bagi anak anak di kota Tangsel. “Bertepatan dengan hari anak, sekaligus berada di bawah Flyover Ciputat ini, merupakan upaya Pemkot menyediakan ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak di Kota Tangsel,” ungkap Airin.

Lebih lanjut Airin mengatakan, ruang terbuka tersebut menjadi program Pemkot Tangsel sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk mewujudkan Kota Layak Anak.

Airin menambahkan, Pemkot Tangsel terus berupaya meningkatkan capaiannya sebagai Kota Layak Anak dengan menjalin komunikasi kepada berbagai pihak terkait untuk mendukung program tersebut.

Sementara itu, pengurus taman bacaan kolong fly over ciputat, Doni mengatakan, sebagai wilayah perkotaan, ruang terbuka menjadi kebutuhan penting bagi anak. Selain taman, pemanfaatan Flyover pun menjadi sesuatu yang bisa dilakukan. Taman baca yang dikelolanya kini dijadikan percontohan oleh daerah lainnya. Berbagai instansi pun berdatangan bahkan telah mendapatkan penghargaan. “Kami saat ini sering menerima penghargaan. Salah satunya adalah Taman Baca terbaik se-Indonesia. Karena itu kami berterimakasih kepada Ibu Walikota, yang sudah memberikan fasilitas ini,” ujarnya.

Sebelum adanya Taman Baca, kolong Flyover diisi oleh berbagai pedagang, sehingga lokasi tersebut pun kumuh dan tak terawat disamping menjadi salah satu titik pemicu kemacetan. “Sekarang bisa dilihat bahwa Flyover sudah lebih terawat. Kemacetan juga sudah bisa diatasi. Tempat-tempat seperti ini memang sedikit mengubah tata ruang kota menjadi lebih baik,” pungkasnya. (nov)