CJH Embarkasi Surabaya Dilayani Saudia Airlines

SIDOARJO (Bisnis Jakarta) – Seluruh calon jemaah haji (CJH) embarkasi Surabaya akan dilayani pesawat Saudi Arabia (Saudia) Airlines. Pihak Saudi Arabia Airlines mengoperasikan pesawat Boeing 747-400. Pesawat berbadan lebar ini mampu mengangkut 450 jamaah dalam setiap penerbangan. “Pesawat tersebut disewa dari White List dan  Air Atlanta dengan usia rata-rata kurang dari 20 tahun. Jadi masih sesuai dengan standar dari Pemerintah Indonesia,” kata Senior Executive Supervisor Saudi Arabia Airline Farra di Sidoarjo, Jumat (27/7).

Dikatakan Ferra, pesawat  B 747-400 mampu terbang lebih dari 10 jam nonstop. Untuk kenyamanan dan kemudahan para jamaah, setiap pesawat didukung sedikitnya 7 orang crew lokal lndonesia. “Dengan begitu, tak ada kendala di perjalanan dan bisa melayani dengan baik. Jika ada masalah selama di penerbangan bisa minta tolong ke petugas di pesawat,” jelas Farra.

Dia menambahkan, selama ini pihak Air Atlanta memang banyak mempekerjakan orang-orang Indonesia sebagai cabin crew. “Jadi, saat melayani penerbangan haji asal Indonesia tak bermasalah,” papar Farra.

Berkebutuhan Khusus

Selain itu, terang dia, melalui mitra JAS Airservice juga menyiapkan fasilitas dan sarana khusus bagi jamaah berkebutuhan khusus, seperti manula atau sedang sakit. “Disiapkan truk hidrolik dan operatornya yang siap membantu jamaah naik pesawat dengan kursi roda. Mereka, dibantu oleh petugas khusus crew darat di Bandara Juanda,” papar Farra.

Setiap  kloter selalu ada jamaah yang berkebutuhan khusus ini. Mereka rata-rata jamaah yang audah usia lanjut atau memang menderita sakit sehingga butuh fasilitas khusus. “Rata-rata setiap kloter ada 3-4 jamaah setiap kloter. Namun dipastikan mereka bisa dilayani dan diantar sampai ke dalam pesawat oleh petugas di lapangan,” tandas Farra. (son)