SIDOARJO (Bisnis Jakarta) – Penerbangan Haji dari Embarkasi Bandara Juanda hingga kelompok terbang (kloter) 30, Jumat (27/7) berjalan aman dan lancar.  Tak ada kendala berarti, dan bisa dilayani petugas dengan baik. “Data Bandara Juanda menyebutkan, “On time performace (OTP) 73.3% kurang dari 30 menit. Sedang OTP  antara 31-60 menit 23.3% dan OTP antara 61-120 menit 3.3%,”  kata Airport Operation & Services Department Head Bandara Internasional Juanda Surabaya Budi Santoso di Sidoarjo, Jumat (27/7).

Secara umum, kata Budi, pelayanan penerbangan haji di Bandara Juanda termasuk kategori baik. OTP masih dalam batas aman terkendali bahkan cukup bagus, dibandingkan tahun lalu.

Manajemen PT Angkasa Pura I Cabang Juanda Surabaya beroperasi 24 jam termasuk untuk melayani penerbangan jamaah calon haji 2018. “Khusus untuk penerbangan haji di Bandara Juanda beroperasi  tiga shift. Rata-rata tiga flight per hari dengan ribuan jamaah dari berbagai daerah di Jaw Timur,”  kata Budi.

Tahun 2018 ini, papar Budi, seluruh penerbangan haji dari Embarkasi Surabaya dilayani maskapai Saudi Arabia. Jadwal penerbangan haji dari Bandara Juanda bervariasi mulai jam 03.00 WIB sampai jam 23.00. Sedangkan untuk mendukung pelaksanaan penerbangan haji, kata Budi, pihaknya mengoperasikan beragam peralatan dan SDM  profesional di bidangnya, mulai staf, AMC bahkan personel Aviation Security (Avsec).

Dalam pelaksanaan pemberangkatan Calon Jamaah Haji selain di Bandara Juanda  juga menempatkan personel peralatan pemeriksaan keamanan & personil Avsec di Asrama Haji Sukolilo,  Surabaya. Seperti X-Ray Bagasi 2 (dua) unit, X-ray Cabin 2 (dua) unit, Metal Detector 2(dua) unit, SDM Aviation Security 80 (delapan puluh) personil.

Adapun fasilitas tambahan di area Sisi Udara Bandara Juanda disiapkan antara lain Toilet Portabel 12 (dua belas) unit, dan Mushola 2 (dua) unit.

Sementara itu, 450 jemaah calon haji dari kloter 31 berasal Sitobondo, Bondowoso, Banyuwangi, Jember, Madura (Sumenep, Pamekasan & Bangkalan), Surabaya, Pasuruan, Malang, Probolinggo  dan Mojokerto. (son)