DEPOK (Bisnis Jakarta) – Terkait usulan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), agar di lingkungan sekolah selalu terpantau kamera pengawas (CCTV). Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pendidikan (Disdik) mengaku tengah mengkaji usulan tersebut. Terlebih hal itu dibutuhkan pihak sekolah, terutama di lokasi yang dianggap rawan.

Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin mengaku pemasangan CCTV merupakan program wacana pihaknya dan rencananya terealisasi tahun ini. Namun untuk sementara di utamakan sekolah yang telah mendeklarasikan sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA).

“Semoga terealisasi di perubahan anggaran mendatang, pemasangan CCTV tersebut merupakan langkah melengkapi sarana dan prasarana ramah anak di sekolah.” Katanya.

Sementara terkait jumlah CCTV yang dipasang setiap sekolahnya pihaknya mengaku relatif berbeda tergantung kebutuhan tiap sekolah. Namun titik yang telah dipastikan terdapat di sudut-sudut tak terkontrol, kelas, halaman dan sekitar toilet.

Namun selain pemasangan CCTV, pihak Disdik juga meminta satuan tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah meningkatkan pengawasan anak, terutama di momen setelah selesai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

“Diimbau Tiap sekolah mengadakan piket untuk mengawasi murid di jam tertentu, sebab hal itu bisa berdampak positif terhadap keamanan dan kenyamanan anak di sekolah,” ungkapnya. (jif)