TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Puluhan tenaga dokter hewan dikerahkan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Mereka ditugaskan untuk melakukan monitoring terhadap hewan ternak kurban yang akan disembelih bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah mendatang.

“Ada tim drh (dokter hewan) yang diterjunkan,” ungkap Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan DKP3 Kota Tangsel, Pipit Surya Yuniar.

Lebih lanjut Pipit menambahkan, total jumlah dokter hewan yang diterjunkan sebanyak 59 orang. Dokter hewan antara lain berasal dari 54 orang kalangan swasta, DKP3 ada tiga orang dan sisanya utusan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Menurut Pipit, puluhan orang tenaga dokter hewan bertugas memeriksa kesehatan hewan di tempat-tempat penampungan sebelum dipotong. “Tempat penampungan mencakup lapak-lapak pedagang serta titik lokasi panitia penerimaan dan penyaluran hewan ternak kurban,” katanya.

Dokter hewan juga bertugas mengawasi jalannya pemotongan; memeriksa kesehatan organ dalam hewan yang dipotong; memberikan edukasi kepada masyarakat terkait jika ada temuan penyakit apakah boleh atau tidak untuk dikonsumsi. “Ke 54 dokter hewan swasta bukan dari PNS. Setiap satu dokter hewan satu kelurahan,” pungkasnya. (nov)