GIIAS 2018, ADM Tampilkan Mobil Hybrid

    TANGERANG (Bisnis Jakarta)-
    Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 menjadi momentum bersejarah bagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk memperkenalkan unit model Hybrid. Unit model tersebut menjadi ajang edukasi sekaligus pengenalan produk masa depan Daihatsu.

    R&D Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor, Pradipto Sugondo usai pembukaan GIIAS oleh Presiden Joko Widodo di International Convention Exebition Bumi Serpong Damai (ICE BSD) Tangerang, Banten, Kamis (2/8) mengatakan, sesuai arahan Presiden Jokowi yang meminta meminimalkan polusi dan menciptakan produk ramah lingkungan, maka ADM sudah mempersiapkan mobil Hybrid.

    Dijelaskan Pradipto, unit model yang dipamerkan menggunakan sistem hybrid series. Bahan bakar minyak yang digunakan untuk mengisi baterai yang akan menjalankan mesin penggerak. "Akan lebih irit. Satu liter bisa untuk 30 kilometer," kata Pradipto dihadapan puluhan jurnalis yang mengikuti media gathering regional GIIAS 2018.

    Kapan mobil hybrid ini akan diproduksi massal, Pradipto belum bisa memastikan waktunya. Namun yang jelas Daihatsu sudah menyiapkan mobil hybrid yang ramah lingkungan.

    Untuk diketahui, mobil hybrid atau hibrida adalah kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi untuk sumber tenaganya. Hal ini biasanya mengacu pada sebuah mobil yang memiliki mesin bensin konvensional serta baterai sebagai sumber tenaga.

    Salah satu sumber tenaga ini dapat menjadi sumber daya utama dan yang lainnya berfungsi sebagai cadangan. Atau kendaraan dapat menggunakan satu sumber tenaga dalam situasi tertentu dan menggunakan yang lain dalam situasi yang berbeda.

    Kelebihan series hybrid diantaranya mesin motor bakar berkapasitas kecil karena hanya berfungsi sebagai charger, sistem lebih sederhana karena antara motor penggerak dan sistem charging sistemnya terpisah, dan tentu saja biaya perawatan lebih murah. Alhasil, total berat kendaraan bisa berkurang dan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih baik. (son)