Para anggota Pansus Penysuanan LKPJ Kota Pariaman, diterima Kabag Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor, M. Taufik, di ruang Paseban Surawisesa, kantor Balai Kota Bogor. Kamis (02/08)

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat datang ke Kota Bogor untuk belajar, sekaligus melakukan konsultasi terkait penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Masa Jabatan (AMJ) Kota Pariaman. Rombongan diterima Kabag Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor, M. Taufik, di ruang Paseban Surawisesa, kantor Balai Kota Bogor. Kamis (02/08)

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kota Bogor, Taufik menjelaskan, bagian pemerintahan Setda Kota Bogor sangat berkaitan langsung dengan penyusunan LKPJ Pemkot Bogor setiap tahun, kemudian LKPJ tersebut disampaikan kepada DPRD Kota Bogor melalui rapat paripurna.

“Saat pembahasan di DPRD Kota Bogor kami tidak menggunakan pansus LKPJ, tetapi melalui Badan Anggaran (Banggar). Setiap tahun selalu ada rekomendasi yang disampaikan DPRD Kota Bogor. Di tahun 2018, LKPJ tahun 2017 ada 14 rekomendasi yang disampaikan terkait program-program prioritas yang sudah dilakukan Pemkot Bogor,” jelasnya.

Hasil LKPJ tahun 2017 Pemkot Bogor telah berhasil memaksimalkan berbagai program 6 skala prioritas, diantaranya adalah penanganan sampah dan kebersihan kota, penataan ruang publik (pedestrian dan taman kota), pemberdayaan pedagang kaki lima (PKL), penataan transportasi dan angkutan massal, penanggulangan kemiskinan, dan reformasi birokrasi.

“Keberhasilan program tersebut telah dicapai Pemerintah Kota Bogor sebesar 70-80 persen pada tahun ke-4 oleh Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman,” ujar Taufik.

Taufik menambahkan, keberhasilan program yang ada berkat kerjasama seluruh jajaran Pemkot Bogor dengan DPRD Kota Bogor dan unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida). Ia mengaku siap berbagi rekomendasi dengan Pansus LKPJ AMJ DPRD Kota Pariaman guna meningkatkan tata kelola pemerintahan kota tersebut.

Sementara itu Ketua Pansus LKPK AMJ DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar menyampaikan, bahwa dari hasil rapat koordinasi dan konsultasi tersebut pihaknya berterima kasih karena sudah disambut baik dan merasa puas atas penjelasan yang telah disampaikan.

Hasil kunjungan ini kata Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman ini, akan dipelajari dan dijadikan rekomendasi-rekomendasi di Pansus DPRD Kota Pariaman. Ia pun berharap Kota Bogor menjadi kota yang semakin maju dengan berbagai program yang telah ada dan yang akan direncanakan di tahun berikutnya. (bas)