Gandeng GE Healthcare, PermataBank Berikan Layanan Distributor Financing

    JAKARTA (Bisnis Jakarta)-
    PermataBank menjalin sinergi dengan General Electric (GE) Healthcare yang berada di bawah naungan PT General Electric Operations Indonesia (GEOI) dalam memberikan layanan pembiayaan Distributor & Buyer (Distributor Financing Partnership) sebagai bagian dari kemitraan jangka panjang untuk mendukung industri kesehatan di Indonesia.

    Melalui kerjasama ini, PermataBank akan membantu pembiayaan terhadap Distributor & Buyer yang menjadi mitra GE Healthcare sehingga para mitranya tersebut dapat mengelo keuangan dengan lebih efektif dan efisien mengingat pembayaran yang akan dilakukan oleh GE Healthcare telah dibiayai terlebih dahulu oleh PermataBank. "Sebagai langkah awal, PermataBank menyalurkan pembiayaan bagi Distributor & Buyer ini sebesar Rp 300 Miliar," kata Dirut PermataBank Ridha Wirakusumah usai penandatangan kerjasama di Jakarta, Senin (6/8).

    Kerjasama ditandatangani Ridha Wirakusumah – Direktur Utama PermataBank dan Budi Pramantika – CFO GE Healthcare ASEAN dengan disaksikan oleh Julian Fong – Wakil Direktur Utama PermataBank, Handry Satriago – CEO PT GE Operations Indonesia, Putty Chandra – Country Director GE Healthcare Indonesia, Richard Budiono, Div. Head – WB Cash & Value Chain PermataBank dan Manajemen Senior PermataBank dan GE Healthcare lainnya.

    Ridha mengaku senang PermataBank menjadi bank swasta nasional pertama yang dapat menjawab kebutuhan para mitra GE Healthcare yang bergerak dalam bidang teknologi kesehatan. Hal ini sekaligus menjadi bentuk dukungan nyata terhadapat program Pemerintah di bidang layanan kesehatan yang selama ini dilakukan oleh BPJS Kesehatan.

    Dukungan PermataBank terhadap program Pemerintah dibidang kesehatan tidak hanya kali ini saja. Sebagaimana yang dilakukan pada bulan November 2017 yang lalu, PermataBank dan BPJS Kesehatan menandatangani Perjanjian Kerjasama terkait Konfirmasi atas data pembiayaan pelayanan kesehatan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) kepada Fasilitas Kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan

    Melalui kerjasama ini, Ridha mengatakan, PermataBank mendukung pembiayaan Invoice Financing yang ditujukan kepada para Mitra BPJS Kesehatan yaitu para Fasilitas Kesehatan atau Rumah Sakit melalui Program Value Chain. Dengan pembiayaan ini, kata dia, diharapkan dapat memberikan percepatan dan kemudahan bagi para Fasilitas Kesehatan (atau RS) dalam menjaga arus kas (cashflow)dan likuiditas mereka karena Bank akan mengambil alih Permohonan Klaim Kesehatan Peserta JKN – KIS yang sudah dikonfirmasi dan diverifikasi oleh BPJS Kesehatan, sebelum jatuh tempo pembayarannya.

    Sementara itu Budi Pramantika menyatakan, sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung layanan kesehatan bagi masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintah (BPJS) dan mendukung industri perawatan kesehatan secara menyeluruh, pihaknya senang untuk memulai kerjasama ini. "Kami berharap bahwa fasilitas pembiayaan ini dapat membantu mitra lokal untuk tumbuh serta menciptakan ekosistem industri kesehatan yang lebih kuat di Indonesia," katanya. (son)