Musim Kemarau, Kekeringan Ancam Sejumlah Wilayah

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Wilayah kota Tangerang dan Tangerang Selatan (Tangsel) saat ini sudah memasuki musim kemarau. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel pun telah mengidentifikasi sebaran titik lokasi wilayah rawan kekeringan.

“Kami sudah lakukan monitoring ke empat titik lokasi rawan kekeringan,” ungkap Kepala Seksi Kesiapsiagaan, Urip Supriyatna.

Lebih lanjut Urip Supriyatna mengatakan, sejumlah kawasan hunian warga kerap terdampak langsung dari musim kemarau. Diantaranya empat titik lokasi rawan kekeringan antara lain di Perumahan Pesona Serpong, Kelurahan Keranggan, Setu; Perumahan Citra Prima Serpong 2, Keranggan, Kecamatan Setu; Kampung Koceak, Kelurahan Keranggan, Setu; Gang Mawar, Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong.

Urip menambahkan, di setiap titik lokasi rawan kekeringan pihaknya memeriksa kondisi mesin pompa di sumur milik warga sekitar. Mayoritas perangkat mesin pompa dari hasil bantuan hibah pemerintah daerah kondisinya berfungsi dengan baik. Contohnya seperti mesin pompa yang ada Perumahan Citra Prima Serpong terdapat dua sumur pompa.

Bahkan sumur pompa pertama dan penampungan air telah dikembangan oleh warga.

“Sehingga kapasitas persediaan air bersih bertambah. Kalau yang di Kampung Koceak terdapat satu sumur pompa. Mesin pompa telah diganti, dikarenakan mesin bantuan dicuri,” tandasnya. (nov)