TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Wacana pengembangan kawasan wisata Situ Gintung di Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menuai tanggapan beragam. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat mendukung wacana tersebut selama memberikan dampak nyata pada pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

“Pada intinya kita dukung wacana pengembangan Situ Gintung jadi objek wisata secara komersil, asalkan dapat memberikan dampak nyata terhadap masyarakat sekitar,” ungkap Anggota Komisi IV, DPRD Kota Tangsel, Dewi Indah Damayanti.

Lebih lanjut Dewi mengatakan, harus ada kajian yang serius terkait rencana pengembangan situ gitung jika memang akan dijadikan tempat wisata komersil. “Seperti, bagaimana dampak terhadap perkonomian sekitar. Jangan sampai hanya menguntungkan pengembang saja. Masyarakat sekitar harus dilibatkan, agar merasakan juga pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya.

Selain melibatkan masyarakat sekitar, kajian dampak lingkungan dari pengembangan situ gintung menurutnya juga harus benar benar diperhatikan. Ia tidak ingin, pengembangan kawasan itu nantinya malah berdampak buruk terhadap lingkungan.

“Dalam pengembangan kawasan wisata biasanya ada dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan sekitar. Ini harus diperhatikan dan jangan juga pengembangan melanggar RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) yang sudah disusun,” tandasnya. (nov)