JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Sembilan sekretaris jenderal partai koalisi pengusung Joko Widodo (Jokowi) mengenalkan atribut baru berupa kaos berkerah berwarna putih untuk persiapan Pemilihan Presiden 2019.

Kaos bertulis nama besar ‘JOKOWI’ berhuruf kapital merah disertai logo sembilan partai politik koalisi pengusung. Sebelumnya, para sekjen parpol koalisi pengusung Jokowi masih menggunakan kaos berkerah dengan warna simbol masing-masing partai.

“Ini tampilan baru kami menyesuaikan dengan suasana kebatinan Presiden yang suka baju putih, makanya kami pakai baju putih semua dengan tulisan tegas kokoh yaitu Jokowi. Kemudian di bawahnya ada (logo) parpol yang mengusung,” kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan pers usai rapat konsolidasi teknis pemenangan Jokowi di Pemilihan Presiden 2019 di Rumah Pemenangan Jalan Cemara, Senin malam (6/8).

Kemeja kotak-kotak identik dengan Jokowi saat dikenalkan pada kampanye pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 saat berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Kemudian, bersama Jusuf Kalla pada Pilpres 2014, Jokowi lebih memilih atribut kemeja berwarna putih dengan bagian lengan digulung sebagai simbol bekerja.

Kemeja putih ini hingga saat ini masih digunakan Jokowi saat blusukan dalam rangka kegiatan kunjungan kerjanya.

Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding memaknai kaos putih berkerah yang dikenalkan usai pertemuan sembilan sekjen parpol sebagai pertanda solidnya koalisi pendukung Jokowi.

“Hal itu menunjukan kesembilan partai itu serius dan dipastikan akan mengusung Jokowi sebagai capres. Karena itu, dalam pertemuan hari ini, semua partai sepakat untuk memastikan dukungan dan menuangkannya dalam polo shirt tersebut,” kata Karding. (har)