Event Asian Games, AP II Siap Sebagai Official Supplier

    TANGERANG (Bisnis Jakarta)-
    PT Angkasa Pura II menyatakan kesiapan infrastruktur, sarana dan prasarana di dua bandara internasional untuk menyambut Asian Games 2018 telah mencapai 95 persen. AP II sebagai yang merupakan Official Supplier Sponsor Asian Games 2018 mendorong kesiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Jakarta) dan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) sambut Asian Games 2018. "Infrastruktur selesai, dan fasilitas 95 persen selesai. Hanya tinggal beberapa penyelesaian,” kata Sirut AP II Muhammad Awaluddin saat launching sports corner di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Rabu (8/8) sore.

    Menurut Awaluddin, para petugas bandara di terminal 2 dan 3 akan menyambut kedatangan seluruh atlet, ofisial, delegasi, supporter, jurnalis, dan perangkat lainnya dari 45 negara peserta Asian Games 2018. Bandara ini telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas transportasi yang mumpuni antara lain kereta api bandara yang operasikan Railink sebagai akses dari dan menuju pusat kota Jakarta dan venue Asian Games 2018. Serta fasilitas Skytrain atau automated people mover system yang memudahkan perpindahan penumpang antarterminal.

    Sedangkan di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, saat ini tengah dilakukan pengembangan terminal guna peningkatan kenyamanan dan pelayanan bagi pengguna jasa. "Selain itu untuk mempermudah akses dari dan menuju pusat kota Palembang, Bandara Internasional SMB II juga akan diintegrasikan dengan angkutan berbasis rel yakni Light Rapid Transit atau LRT yang direncanakan akan rampung Juli 2018,” tutur dia.

    Di samping penyiapan fasilitas secara fisik, perseroan juga akan mempersiapkan beberapa fasilitas digital yaitu way-finding kiosk, digital signage dan digital advertising display. Hal ini untuk menunjang kelancaran proses ketibaan para atlet, ofisial, dan delegasi di kedua bandara tersebut.

    Layanan digital tambahan juga dapat digunakan melalui aplikasi mobile Indonesia Airports, di mana dalam aplikasi tersebut direncanankan akan terdapat fitur seperti Schedule & Results, Records, dan Medals yang akan memberikan jadwal, update, hasil pertandingan, dan klasemen perolehan medali dari seluruh pertandingan yang telah diselesaikan. "Para pengguna dapat berpartisipasi dalam fitur Asian Games Quiz dengan cara menjawab seluruh pertanyaan dengan benar. Di aplikasi tersebut, juga direncanakan fitur Asian Games Video yang dapat diakses oleh pengguna aplikasi untuk menikmati seluruh video dan hal-hal terbaru dari Asian Games 2018,” paparnya.

    Extra Flight

    AP II memastikan maskapai Air China meminta penerbangan ekstra (extra flight) untuk membawa kontingen China ke Indonesia guna mengikuti Asian Games 2018. "Yang jelas sekarang sudah ada permintaan dua extra flight dari Air China ke Bandara Soekarno-Hatta," kata Awaluddin.

    Selain Air China, kata Awaluddin, beberapa maskapai internasional pun sudah menyampaikan niatnya untuk meminta extra flight tersebut. "Ada juga yang sudah ngomong mau tapi belum realisasi, yakni Emirates sama Qatar. Kami optimis semua extra flight masih bisa kami handle ke depannya," ungkapnya.

    Tak hanya itu, beberapa maskapai domestik seperti Citilink, Batik Air, dan Garuda Indonesia juga akan menambah jumlah penerbangan ke Bandara Sultan Muhammad Badaruddin Palembang selama Asian Games 2018 berlangsung.

    Hal tersebut guna mengakomodasi penerbangan para atlet yang harus transit dulu di Bandara Soekarno-Hatta sebelum bertolak ke Palembang. Pasalnya, sampai saat ini belum ada penerbangan internasional langsung dari dan menuju Palembang. (son)