KH. Ma’ruf Amin, Politisi, Pemikir dan Ulama Besar

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – KH. Ma’rif Amin telah dipilih calon presiden Joko Widodo sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi di Pemilihan Presiden 2019.

Ia dikenal sebagai seorang ulama yang kerap menjadi rujukan dan referensi terkait berbagai masalah agama. KH. Ma’ruf Amin saat ini merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) merangkap Rois Aam Pengurus Besar Nadlatul Ulama (PBNU).

Profil KH. Ma’ruf Amin adalah seorang ulama besar. Beliau dilahirkan di Tangerang Banten, pada 11 Maret 1943. Selain dikenal sebagai ulama, KH. Ma’ruf Amin juga aktif sebagai seorang politisi. Ia tercatat pernah menjadi anggota MPR/DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) periode 1999-2004.

Ia juga pernah menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sejak 2007 hingga 2010.

KH. Ma’ruf Amin juga dikenal aktif dalam berbagai kegiatan ekonomi terutama perbankan syariah. Ia tercatat dalam berbagai dewan pengawas syariah di berbagai bank dan asuransi syariah. Kesibukan beliau sebagai pengawas di berbagai bank seperti diantaranya di Bank Muammalat, Bank BNI Syariah, dan Bank Mega Syariah. Dari grus keturunan keluarga, KH.

Ma’ruf Amin merupakan cicit dari ulama besar Syaikh Nawawi Al Bantani. Syaikh Nawawi merupakan ulama asli Indonesia disegani kelimuannya di dunia internasional, terutama di Mekkah.

Syaikh Nawawi Banten merupakan salah satu Imam di Masjidil Haram yang berasal dari Indonesia. Beliau memiliki julukan “Imam Nawawi Atstsani” merujuk kepada ahli hadits Imam Nawawi.

KH. Ma’ruf Amin merupakan produk ulama ang berasal dari santri pondok pesantren. Ia nyantrinya di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang dan melanjutkan kuliah di Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Mendapatkan gelar Dokotor HC dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2012 di bidang Hukum Ekonomi Syariah. (har)