JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menetapkan Posko Cemara sebagai posko pemenangan dan media centre untuk Pemilu 2019. Pada Pemilu 2014 lalu, Posko Cemara juga menjadi posko pemenangan Jokowi-JK.

Posko berupa rumah yang terletak di Jalan Cemara Nomor 19, Menteng, Jakarta Pusat, menjadi pusat kegiatan pemenangan Jokowi-Ma’aruf Amin.

“Kami juga ingin menyatakan bahwa Posko Cemara ini sudah mendapat persetujuan dari Pak Jokowi untuk menjadi media center,” ujar Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Capres Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto di Posko Cemara, Jakarta, Selasa malam (14/8).

Hasto yang juga Sekjen DPP PDI Perjuangan menjelaskan Posko Cemara akan menjadi pusat pemanangan kegiatan dan konsolidasi pemenangan dari kegiatan sekjen partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Konsolidasi internal sebagai persiapan sebelum dimulainya masa kampanye. Setelah itu, gerak bersama akan dimulai dari Posko Cemara. “Posko pemenangan dari seluruh sekjen sebagai command and control room berada di sini. Tetapi masing-masing juga melakukan konsolidasi di internal partai masing-masing,” kata Hasto.

Ada sembilan parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja pendukung Jokowi-Ma’ruf. Dari jumlah tersebut, 3 parpol masih berada di luar parlemen yakni PKPI, Perindo, dan PSI.

“Jadi titik sentral dari berbagai pertemuan dan kemudian tempatnya juga memungkinkan untuk melakukan diskusi atau workshop,” kata Hasto.

KIK akan kembali melanjutkan pelatihan bagi calon juru bicara Jokowi-Ma’ruf pada Rabu (15/8/2018). Pelatihan tahap pertama telah dilakukan Senin (13/8/2018) terhadap 108 orang.

“Kami mencari sosok juru bicara yang mampu merepresentasikan dari suara Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf. Makanya kemarin kami adakan workshop untuk melihat mana yang punya daya juang, dedikasi, semangat gotong royong, tapi membangun narasi yang baik” ucap Hasto. (har)