DEPOK (Bisnis Jakarta) – Diklaim sebagai upaya pengembangan usaha disektor Industrian Menengah (IKM) di Kota Depok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Provinsi Jawa Barat (Jabar) melatih 50 pelaku usaha untuk menjadi Wirausaha Baru (WUB). Namun, Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz mengatakan kegiatan yang difasilitasi pihaknya bersifat terbatas dan harus di seleksi terlebih dahulu sebelum pelatihan.

Pihaknya menjelaskan IKM kini difasilitasi terdiri dari berbagai jenis usaha seperti kuliner, kerajinan, dan konveksi dan hanya domisili di Kota Depok atau memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Depok. “Para pelaku IKM akan diseleksi administrasi terlebih dahulu untuk bisa lolos mendapatkan pembinaan IKM, yang difasilitasi untuk mengikuti seleksi rata-rata baru menjalankan usaha sekitar dua tahun dan berdomisili di Kota Depok,” katanya di Depok.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Disdagin Provinsi Jabar, Ana Agung Putu Chandra menuturkan, seleksi administrasi yang dilakukan yaitu terkait kelengkapan administrasi. Diantaranya, KTP, pas foto, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Sehat, dan Surat Keterangan Usaha (SKU). Sedangkan nantinya yang lolos akan mengikuti pelatihan WUB selama empat hari di Bandung, September mendatang.

“Dalam pelatihan akan di agendakan kunjungan ke lokasi usaha dari pelaku usaha yang telah sukses untuk berbagi pengalaman dan tentunya mendapatkan materi tentang pemasaran, pemberian motivasi, manajemen, dan mindset usaha,” jelasnya. (jif)