Depok Lantik 42 Paskibraka

DEPOK (Bisnis Jakarta) -Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengukuhkan 42 Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Kota Depok tahun 2018 di Aula Teratai Balai Kota Depok, Rabu (15/08). Setelah dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka, mereka akan bertugas pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI) di Balai Kota Depok, 17 Agustus.

“Saya menyampaikan kebanggaan kepada anak Depok yang sudah terpilih menjadi anggota Paskibraka. Mereka adalah pemuda memiliki nasionalisme yang tinggi,” ujar Mohammad Idris, usai melantik Paskibraka Kota Depok.

Dikatakannya, anggota Paskibraka telah dibekali mental dan fisik yang siap menghadapi tugas mulia mengibarkan bendera Merah Putih. Untuk itu, lanjutnya, rasa bangga juga harus ada di dalam diri para anggota Paskibraka Kota Depok.

Lebih lanjut, semangat anggota Paskibraka yang dilandasi nilai-nilai patriotisme bisa diteladani pelajar lainnya. Tidak lupa, dirinya bersyukur berkat dukungan orangtua, puluhan anak itu bisa menjadi kebanggaan bagi keluarga dan Kota Depok.

“Mereka akan menjadi tunas-tunas harapan bangsa yang siap menghadapi derasnya tantangan globalisasi, generasi muda yang memiliki karakter yang kuat, kepribadian yang tangguh, dan siap melakukan bela negara,” tandasnya.

Sebelum melakukan tugas, mereka juga melakukan latihan gabungan dengan unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Batalyon Perhubungan Direktorat Perhubungan Angkatan Darat Jatijajar.

“Puluhan Capaska melakukan latihan gabungan dengan TNI dari Batalyon Perhubungan TNI AD dari tanggal 31 Juli hingga 10 Agustus 2018. Latihan gabungan tersebut agar saat mengibarkan bendera Merah Putih pada 17 Agustus mendatang dapat berjalan lancar,” jelas Kepala Disporyata Kota Depok, Wijayanto.

Sementara itu, Komandan Kompi Paskibraka Kota Depok 2018, Letda Korps Perhubungan, Kosasih menjelaskan, saat latihan gabungan pihaknya membawa 37 personel. Mereka akan dibagi menjadi pengapit pembawa bendera, 32 personel sebagai pasukan 45 dan 1 pelatih.“Kami berlatih seputar kesamaan gerak untuk keindahan baris-berbaris untuk mengibarkan Merah Putih,” katanya.

Dirinya menambahkan, pihaknya siap untuk mendukung Paskibraka Kota Depok untuk menjalankan tugas mulia mengibarkan bendera Merah Putih. Terlebih, agar pengibaran bendera dapat berjalan lancar di lapangan Balai Kota Depok. (jif)