Tingkatkan Minat Baca, Tangsel Akan Luncurkan E-Library

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) berencana melaunching aplikasi e-library. Aplikasi ini rencananya bakal di launching di akhir tahun 2018 mendatang.

“Aplikasi ini berupa perpustakaan online yang bisa diakses siapapun, mereka bisa mendownload buku dan membaca buku melalui aplikasi ini,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangsel Dadang Raharja.

Lebih lanjut Dadang mengatakan, melalui aplikasi ini diharapkan dapat mencapai target pengunjung perpustakaan hingga 823 ribu. Sementara saat ini jumlah pengunjung hanya 780 ribu pengunjung. “Target tahun ini, 823 ribu. Tahun 2017, baru 780 ribu yang datang ke perpustakaan, sekolah-sekolah, komunitas dan perguruan tinggi,” imbuhnya.

Aplikasi ini untuk mensukseskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Walikota Airin Rachmi Diany. Ia menambahkan dengan perpustakaan digital, diharapankan mampu mendorong minat baca masyarakat. “Sebab, dimanapun dan kapanpun bisa mendownload buku yang diperlukan,” ujarnya.

Dadang menerangkan aplikasi akan diupayakan terhubung dengan setiap sudut dinas, kelurahan, kecamatan, sekolah dan komunitas baca untuk memilikinya. “Jadi, koleksi buku yang akan dimiliki semakin banyak. Dan tentunya akan mempengaruhi pembaca,” tandasnya. (nov)