TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Beragam kegiatan dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke 73. Salah satunya lomba menulis surat buat Presiden Jokowi yang diikuti oleh puluhan anak anak Sekolah Dasar di Cornelia Residence kota Tangerang selatan (Tangsel).

“Jumlah peserta yang cukup menggembirakan itu menjadi bukti kalau budaya literasi dikalangan anak-anak sangat baik. Saya rasa tidak mudah untuk ajak anak kembali menulis,” ungkap Ketua Panitia Lomba Menulis Surat kepada Presiden Muhammad Afif Fathoni.

Lebih lanjut Afif Fathoni mengatakan, kegiatan menulis surat untuk Presiden itu merupakan rangkaian perlombaan dalam rangka peringatan Kemerdekaan Indonesia ke 73. Lomba menulis surat ini ternyata menarik peserta.

Adapun tema lomba menulis surat, ini adalah Merajut Sejuta Mimpi. Dengan tujuan mengajak anak-anak untuk menuangkan segala mimpi, cita cita atau harapan tentang Indonesia. Harapan tersebut diserahkan kepada Presiden melalui surat.

Tentu saja, Afif menambahkan harapan anak-anak ini merupakan suara hati anak-anak. Tidak ada rekayasa apapun. Anak anak bebas menggunakan bahasa kanak kanak mereka. Semua peserta menulis surat pada saat lomba berlangsung. Peserta hanya mendapatkan informasi dari panitia tentang aturan perlombaan saja. “Pesan yang ditulis anak-anak tersebut muncul spontanitas. Mereka diberi waktu 20 menit untuk menulis surat. Itu saja,” imbuhnya.

Mengenai kelanjutan surat ini, sambung Afif, akan dikirimkan ke kantor Sekretariat Negara. Dengan harapan mimpi anak-anak ini bisa langsung didengar pemerintah, khusus nya Presiden. “Akan dikirimkan ke kantor Sekretariat Negara untuk semoga harapan mereka sampai dan di dengar Presiden,” pungkasnya. (nov)