DEPOK (Bisnis Jakarta) – Masih terbatasnya keberadaan wisata air di wilayah Kota Depok menjadi perhatian Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Rawa Kalong untuk meningkatkan keberadaan situ sebagai destinasi wisata baru. Ketua Pokdarwis Situ Rawa Kalong, Muhammad Nurdin mengatakan keberadaan Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Cimanggis, diklaim bisa menjadi lokasi yang menyenangkan bagi masyarakat, untuk itu, pembangunan fasilitas di Situ tersebut guna menyukseskan Peraturan Daerah (Perda) Pariwisata Kota Depok Nomor 16 Tahun 2013 tentang Kepariwisataan dan Sapta Pesona Indonesia Year Pokdarwis Situ Rawa Kalong.

“Terkait informasi keberadaan situ Rawa Kalong agar selanjutnya dapat menjadi destinasi wisata yang dapat dimanfaatkan warga sebagai ajang hiburan keluarga,” jelasnya di Depok.

Selain lokasi hiburan baru, upaya yang telah dilakukan juga memanfaatkan danau sebagai area jogging track atau olahraga. Nantinya, Pokdarwis meningkatkan pembangunan beberapa wahana destinasi air yang akan memiliki. “Beberapa fasilitas wisata air, wisata edukasi, taman bermain keluarga, outbound, panggung seni budaya, sentra kuliner, sentra industri kreatif, sentra komunitas kreatif, serta kegiatan mancing mania.” Katanya.

Pihaknya juga mengaku kerap menggelar bazar rakyat. Kegiatan tersebut dalam upaya mengenalkan dan mendekatkan warga dengan keberadaan Situ. Sebab dengan semakin seringnya warga menggunakan lokasi sekitar setu untuk bermain, berbelanja, dan berwisata masyarakat akan memiliki akses untuk mendagangkan kreasi serta kuliner yang dihasilkan. Selain itu, anak-anak dapat bermain dan berwisata dengan hiburan yang ditampilkan warga sekitar.

“Di akhir pekan kami memberikan fasilitas warga dalam memanfaatkan Situ Rawa Kalong dengan berbagai aktivitas,” ungkapnya.

Pihaknya juga menghimbau agar semua anggota Pokdarwis Situ Rawa Kalong untuk terus melakukan sosialisasi kepada warga terkait keberadaan situ tersebut. Selain itu, pihaknya berharap adanya dukungan lebih Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk meningkatkan fasilitas di sekitar Situ Rawa Kalong.

“Diharapkan Pemkot Depok terus memberikan dukungan dalam meningkatkan fasilitas baru di Situ Rawa Kalong,” ujarnya. (jif)