MBM Segera Digelar, Pelari Top Dunia Siap Berebut Hadiah Rp 2 Miliar

    JAKARTA (Bisnis Jakarta)-
    Lebih dari 10.749 peserta lomba lari internasional siap bertarung memperebutkan hadiah total Rp 2 miliar dalam ajang Maybank Bali Marathon (MBM) 2018 di Denpasar, Minggu (9/9). "Jumlah peserta MBM tahun ini meningkat 12.9% dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 9.367 peserta," kata Presdir PT Maybank Indonesia Tazwin Zakaria saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (28/8).

    Dari jumlah tersebut, kata Tazwin, sekitar 2.724 peserta merupakan peserta kategori full marathon (FM-42,195 km), di mana lebih dari 207 peserta merupakan peserta luar negeri, sementara peserta half marathon (HM-21,0975 km) sekitar 4.912 peserta diantaranya 384 peserta berasal luar negeri, dan selebihnya adalah peserta 10K dengan lebih dari 273 peserta merupakan peserta luar negeri.

    Jumlah ini masih bertambah dengan peserta lomba lari anak (children sprint) sebanyak 67 peserta dan penyandang disabilitas peserta wheelchair kategori sejauh 5K sebanyak 52 peserta.

    Untuk tetap memberikan kenyamanan dan keamanan, kata Tazwin, panitia kembali mendisain pengadaan kantong-kantong barisan pelari dan mengatur urutan start berdasarkan kategori lomba dan juga catatan waktu terbaik (personal best-PB) peserta, sehingga peserta dengan PB tercepat akan berada di depan pelari dengan PB yang lebih lambat.

    Run for Fun

    Meskipun menjadi ajang pemecahan waktu terbaik bagi para atlet lari, namun MBM tetap menjadi ajang untuk berlari dalam suasana nyaman dan gembira bagi semua pehobi lari selaras dengan tagline MBM 2018, yakni “Run for Fun, Race for Place”

    “Tagline ’Run for Fun, Race for Place’ berangkat dari filosofi bahwa sejatinya MBM merupakan wahana untuk berlari dalam suasana yang menyenangkan di tengah keindahan panorama Bali sebagai destinasi wisata internasional dan di tengah keramahan masyarakat Bali dengan pesona budaya dan keseniannya. "Tetapi MBM juga merupakan tempat bagi para runner Yang ingin mengukir prestasi terbaik karena standar internasional yang diterapkan pada MBM," jelas Taswin.

    Sejak 2013 lalu, kata Tazwin, MBM menjadi lomba full marathon pertama di Indonesia yang berhasil memenuhi kualifikasi dalam official race directory Boston Marathon. Disamping itu, MBM juga telah mendapatkan sederet pengakuan, termasuk dari Majalah Runner’s World sebagai One of The 52 Best Races on Earth 2016, One of Remarkable Races You Need to Run Before You Die (The Active Times, 2015), Best Marathon/Best Half Marathon/Best Finisher Medal (RunHood lnstagram Magazine, 2015) dan the Best Running Activation (Indonesia Most Experiential Brand Activation 2014 from Mix Marcomm magazine, 2014).

    CSR Bali Marathon

    Seperti rangkaian tahun-tahun sebelumnya, Maybank Indonesia kembali akan melanjutkan program corporate social responsibility (CSR) secara berkesinambungan di Bali, khususnya di kawasan yang dilalui dalam jalur lomba marathon, meliputi Kabupaten Gianyar dan Klungkung. "Maybank Indonesia juga akan memperlihatkan showcase program RISE dan Maybank Women Eco Weaver di Taman Bhagawan," kata Tazwin.

    Program RISE, yang berlangsung sejak 26 Juli 2016, adalah program pembinaan kewirausahaan (entrepreneur mentorship) dan keuangan kepada para penyandang disabilitas. Program ini terdiri dari pelatihan dan mentoring terstruktur yang bertujuan membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha para penyandang disabilitas sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya.

    Di Bali, sebanyak 137 entrepreneur penyandang disabilitas telah mengikuti program RISE sepanjang tahun 2017 dan 2018. Selain itu, dukungan di bidang pendidikan juga diberikan oleh Maybank Indonesia melalui 43 sekolah yang berada di sepanjang rute marathon. (son)