JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Pencak Silat, cabang olahraga menjadi daya tarik tersendiri bagi para tokoh sentral Indonesia saat ini. Seni bela diri tradisional yang berasal dari Kepulauan Nusantara ini mendapat perhatian besar masyarakat Indonesia bahkan membuat momen langka.

Pada pertandingan final cabang olahraga pencak silat di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur, Rabu (29/8), cabang olahraga ini mempertemukan Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto, Wakil Presiden Jusuf Kalla serta Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Jokowi yang juga Presiden RI tiba di area venue pertandingan pukul 16.30 WIB dengan dikawal ketat Paspampres. Jokowi hadir dengan mengenakan jaket ala anak motor berwarna merah.

Ketua Umum PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto yang saat itu tengah menyaksikan pertandingan pencak silat di dalam venue, tiba-tiba ke luar didampingi rombongan dan langsung bergegas menuju area mobil Jokowi.

Saat bertemu, Prabowo langsung berjabatan salam dengan Jokowi. Kedua tokoh yang akan bertarug dalam Pemilihan Presiden 2019 mendatang itu saling mengumbar senyum.

Keduanya langsung berjalan berdampingan menuju pintu masuk VIP venue pertandingan. Tak ada sepatah kata pun yang dilontarkan mereka berdua kepada awak media. Keduanya terlihat tengah asyik berbincang.

Kehadiran Jokowi pada pertandingan final pencak silat didahului kedatangan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri hadir beserta rombongan.

Tak berselang lama, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pun hadir untuk turut menyaksikan lengkap dengan pakaian batik berwarna abu-abu.

Cabang olahraga pencak silat menjadi lumbug emas bagi Tim Merah Putih di Asian Games 2018. Dari 16 nomor yang dipertandingkan, Indonesia masih terus mendulang medali emas. Pada pertandingan kemarin mempertandingkan nomor beregu putri di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah. (har)