TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengajukan usulan penambahan calon PNS di tahun 2018 sebanyak 1000 orang. Namun oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) hanya di sediakan 200 orang saja.

“Kami mengusulkan ke pemerintah pusat khususnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) sebanyak 1000 orang untuk mengantisipasi serta mengisi kekosongan pegawai yang sudah pensiun atau memasuki masa pensiun di tahun 2019 mendatang,” ungkap Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie.

Lebih lanjut Benyamin mengatakan, karena hanya diberikan 200 orang calon saja, maka jajaran Pemkot Tangsel harus memaksimalkan tugas dan program kerja di sekitar 5.600 orang PNS yang kini bekerja. Seharusnya, jika melihat dari rasio kebutuhan pegawai negeri sipil di Kota Tangsel berkisar 8.000 orang PNS “Idealnya jumlah PNS di Kota tangsel memang sekitar 8.000 orang,” imbuhnya.

Program atau rencana Badan Kepegawaian Negara membuka lowongan atau rekruitmen CPNS diperkirakan dibuka setelah penyelenggaraan Asian Games 2018. Sebab saat ini Menteri PAN dan RB Syafruddin juga masih menjabat sebagai Chief de Mission Indonesia untuk Asian Games.

“Yang jelas pemerintah pusat juga memberikan porsi besar, kumlah kuota sebanyak 80 persen disediakan untuk pemerintah daerah, dan sisanya 20 persen diploting bagi instansi di kementerian ataupun lembaga negara lainnya,” pungkasnya. (nov)