DEPOK (Bisnis Jakarta) – Diklaim sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) terutama pemuda, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok menggelar pelatihan kewirausahaan pada 100 pemuda yang ada di wilayahnya.

Kepala Disporyata Kota Depok, Wijayanto mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk membina pemuda Depok menjadi pelaku wirausaha yang mandiri. Terlebih dengan pelatihan program pendidikan kecakapan hidup (life skills education) dinilai mampu mengentaskan pengangguran di wilayahnya.

“Pelatihan tersebut digelar Puncak Kabupaten Bogor. Pemkot berupaya untuk menganggarkan dana APBD demi peningkatan kewirausahaan pemuda,” katanya di Depok.

Pihaknya menjelaskan pada tahun 2016 hingga 2017 pertumbuhan ekonomi Depok meningkat dari 6,54 persen menjadi 7,28 persen. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa Depok mengalami pertumbuhan nilai ekonomi yang cukup progresif dan diklaim lebih baik dari kota atau kabupaten yang berdampingan dengan Depok.

Selain itu, peningkatan juga didukung berkurangnya Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari tahun ke tahun. Tingkat pengangguran di Depok mengalami penurunan TPT Kota Depok menjadi 7 persen dari tahun sebelumnya 7,48 persen. Adapun Faktor yang memengaruhi berkurangnya tingkat pengangguran yakni semakin berkembangnya kewirausahaan.

“Masalah pengangguran tanggung jawab pemerintah, swasta dan masyarakat. Untuk itu pemerintah berupaya memberikan pelatihan keterampilan kerja.” Jelasnya. (jif)