Synergy Run 2018, Promosikan 10 Bali Baru

    JAKARTA (Bisnis Jakarta)- 

    Pesona Indonesia Synergy Run 2018, event hasil kolaborasi antara Kemenpar dan Ikatan Alumni ITB ikut membantu mempromosikan 10 Destinasi Prioritas Pariwisata atau yang biasa disebut 10 Bali Baru. Acara yang rencananya akan digelar pada tanggal 16 September 2018 ditargetkan akan diikuti oleh 2.500 orang. "Harapannya, 10 Bali Baru bisa semakin dikenal. Nanti dari Kemenpar akan ada booth latar belakang foto 10 Bali Baru, sehingga para pelari bisa merasakan atmosfir di berbagai destinasi kelas dunia di sana," kata Menpar Arief Yahya di Jakarta, Jumat (7/9).

    Menpar menjelaskan, Presiden Joko Widodo telah menetapkan 10 destinasi pariwisata prioritas yang dikembangkan sebagai 10 Bali Baru untuk mendukung target pariwisata dalam mendatangkan 20 juta kunjungan wisman ke Indonesia pada 2019. Sepuluh (10) Bali Baru tersebut adalah Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo-Tengger-Semeru, Mandalika, Komodo, Wakatobi, dan Morotai.

    Menpar yang didampingi Ketua IA ITB Ridwan Jamaluddin.serta Deputi Bidang Industri dan Kelembagaan Kemenpar Rizky Handayani mengatakan, Pesona Indonesia Synergy Run 2018 juga menjadi upaya untuk mendorong semangat masyarakat Indonesia menjadi bangsa pemenang. “Semangat menjadi bangsa pemenang ini yang ingin ditanamkan dalam Synergy Run 2018,” kata Arief Yahya.

    Ketua Panitia Penyelenggara Abdul Bari mengatakan, Synergy Run 2018 sengaja digelar usai penyelenggaraan Asian Games 2018 yang telah berjalan dengan sangat sukses. “Kami berharap Pesona Indonesia Synergy Run 2018 ini dapat menarik wisatawan dalam dan luar negeri untuk datang, ikut lari, dan menikmati wisata Bali Baru yang luar biasa mempesona, sekaligus ikut mendukung industri pariwisata Indonesia sebagai industri pemenang,” kata Abdul Bari.

    Event lari di jalan raya (road running race) Pesona Indonesia Synergy Run 2018 diselenggarakan oleh Ikatan Alumni (IA) ITB dan Kemenpar bekerjasama dengan Indo Race memasuki tahun kedua yang kali ini mengangkat ’Berlari untuk Negeri Mewujudkan 10 Destinasi Wisata Bali Baru dan Menjadi Bangsa Pemenang’ akan menjadi ajakan kepada masyarakat untuk berwisata ke 10 destinasi Bali Baru sebagai destinasi kelas dunia.

    Ada 3 Kategori dalam perlombaan Synergy Run 2018 yaitu 5K dan 10K lari normal, satu lagi 5K Custom Run. Kategori Custom Run ini dimana peserta lari memakai pakaian adat dari seluruh Indonesia, namun peserta akan mendapat nilai lebih jika memakai atribut pakaian asal 10 Destinasi Bali Baru. Pendaftaran Synergy Run 2018 akan ditutup pada 14 September mendatang.

    Para peserta lomba lari jalanan (road running race) dengan total hadiah Rp 90 juta ini akan berlari dari titik start dan finish di halaman  Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenpar.  Untuk kategori 10 K dimulai pukul  06.00 WIB;  5K pukul 06.10.WIB; dan Custom Run pukul 06.15 WIB dengan  melewati rute; halaman Gedung Sapta Pesona (Start) Jl. Medan Merdeka Barat – Jl. Gajah Mada – Jl. Hayam Wuruk – Jl. Medan Merdeka Barat (finish Gedung Sapta Pesona). (son)