DEPOK (Bisnis Jakarta) – Terkait rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang akan menerapkan sistem Online Single Submission (OSS) atau sistem perizinan terpadu daring mendapat sambutan baik dari kalangan pengusaha. Salah satunya Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Depok.

Wakil Ketua Bidang Ketenagakerjaan Kadin Kota Depok, Hendra Dimun mengatakan, penerapan OSS dapat menumbuhkan dunia investasi di Depok dengan signifikan. Sebab menurutnya, salah satu keluhan utama investor selama ini berupa proses perizinan yang berbelit dapat diakomodir dengan adanya sistem OSS.

“Kami dukung jika semua satu pintu baik kebijakan pusat dan daerah, karena akan memudahkan pengusaha membuat izin usaha,” katanya di Depok.

Selain itu, selain dapat memangkas waktu perizinan penerapan sistem OSS juga bakal menarik minat pengusaha untuk menaruh investasi di Kota Depok dan bernilai positif pada bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Depok.

Untuk itu pihaknya berharap, sistem OSS milik Pemkot Depok mampu menjadi terobosan baru sekaligus pemberi kepastian para pengusaha secara terukur. Sebab, majunya Kota Depok dipengaruhi dari kebijakan pemerintah yang berdampak ke penambahan investasi yang masuk. Sehingga nantinya kerjasama melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan bisa membantu pemerintah dalam membangun sarana prasarana untuk warganya.

“Semoga dengan OSS proses perizinan menjadi jelas dan ada Standar Operasional Prosedur (SOP).” Ujarnya. (jif)