TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dinilai sukses membuat pelaksanaan kegiatan pembangunan lebih cepat dan terarah serta mencegah praktek korupsi. Sehingga banyak membantu Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Pemerintah Kota setempat.

“Pendampingan dari TP4D ini sudah dilakukan sejak tahun anggaran 2017 silam. Untuk tahun ini, ada 12 kegiatan di semua bidang Dinas PU yang mendapat pendampingan TP4D. Khususnya kegiatan yang melalui proses lelang,” ungkap Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel, Aries Kurniawan.

Lebih lanjut Aris mengatakan, kegiatan pendampingan yang dilakukan TP4D ini merupakan bagian dari rencana aksi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mencegah tindak pidana korupsi di daerah. “Jadi, apa yang sudah dilakukan DPU dengan TP4D ini sudah sesuai dengan rencana Aksi KPK,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Kota Tangsel, Setyo Adhi Wicaksono mengatakan, Dinas PU Kota Tangsel menjadi salah satu OPD yang mendapat pendampingan TP4D. Menurutnya pendampingan pengawasan merupakan permintaan dari OPD. “Pengawasan dilakukan sesuai permintaan. Untuk bidang konstruksi, ada rapat bulanan yang dilakukan secara rutin antara TP4D dengan OPD. Nantinya, hasil rapat diberikan kepada Kejari untuk dievaluasi,” pungkasnya. (nov)