Transhub Challenge, Solusi Inovatif Bidang Transportasi

    JAKARTA (Bisnis Jakarta)-
    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi keberhasilan pelaksanaan Transhub Challenge yang telah menghasilkan tiga pemenang untuk masing-masing kategori yakni umum dan mahasiswa. "Saya telah menginisiasi agar Badan Litbang (Penelitian dan Pengembangan) tidak bekerja sendiri tetapi dengan mengajak masyarakat umum untuk memeroleh inovasi,” jelas Menhub dalam Puncak Acara Transhub Challenge di Jakarta, Kamis (13/9) malam.

    Transhub Challenge merupakan kompetisi ide bisnis untuk industri transportasi. Para peserta ditantang untuk menyelesaikan masalah dan membuat inovasi di bidang transportasi. Kompetisi ini ingin mendorong kaum muda untuk menciptakan start up inovatif yang berjiwa Indonesia dan berdaya saing tinggi.

    Menhub mendorong kompetisi Transhub Challenge dapat diselenggarakan secara rutin untuk menjaring solusi inovatif terhadap berbagai permasalahan transportasi. Selain itu, diharapkan juga tercipta kolaborasi antar startup, perusahaan transportasi, dan Pemerintah. "Kami ingin menciptakan sinergi antara para startup Indonesia, perusahaan operator transportasi, dan pemerintah untuk melahirkan solusi integratif yang berkelanjutan dan berpihak kepada bangsa,” ungkap Menhub.

    Menhub juga mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba dan berterimakasih atas kontribusi yang baik dan inovatif. Menurut Menhub, hasil karya dari lomba ini akan ditindaklanjuti dan dapat diimplementasikan dengan bekerjasama atau mandiri.

    Kalangan umum dan mahasiswa dinilai telah menunjukkan kemampuan dan perhatiannya terhadap transportasi di masa mendatang. "Banyak mahasiswa yang kreatif dan dewan juri yang luar biasa,” ungkap dia.

    Nantinya mereka akan ditawarkan kepada para bapak angkat yang bisa mendukung penuh terhadap pengembangan dan implementasinya.

    Saat ini BNI telah menyatakan siap menjadi Bapak Angkat bagi pemenang juara I kategori Umum bertemakan Log-In. "Selanjutnya kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahunnya untuk menggali kreatifitas dan inovasi untuk transportasi,” tutur Menhub.

    Kepala Badan Litbanghub Sugiharjo menambahkan, pihaknya akan tetap menjalin komunikasi dengan para peserta baik yang berhasil menang ataupun tidak. “Penting bagi kami memberikan kesempatan masyarakat untuk turut memberikan masukan inovatif bagi transportasi Indonesia,” kata Sugihardjo. (son)