DEPOK (Bisnis Jakarta) – Pemerintah Kota (Pemkot) mengaku tengah menargetkan pembangunan cagar budaya di wilayahnya. Untuk mengejar target tersebut Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) melakukan pemasangan gapura di Jalan Pemuda, Pancoran Mas, Kota Depok. Sebagai gapura atau pintu masuk ke dalam kawasan bangunan khas Belanda yang rampung pada Oktober mendatang.

Kepala Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Kepariwisataan, Disporyata Kota Depok, Yelis Rosdiana menjelaskan untuk tahap awal pengembangan cagar budaya dimulai dari pembuatan gapura dan pedestrian budaya. Sebab, Jalan Pemuda bakal menjadi jalan yang memperlihatkan kekayaan sejarah dan pemandangan bangunan tempo dulu. Selain juga dilengkapi dengan panggung budaya atau museum di bekas gedung bioskop.

“Gapura sebagai tanda bahwa ada kawasan cagar budaya di kawasan tersebut. Rencananya gapura yang akan memiliki pilar penyangga tersebut secara bertahap dikembangkan kembali,” katanya.

Pihaknya juga mengaku pembangunan gapura yang menghabiskan anggaran sekitar Rp90 juta. Saat ini pengerjaan gapura sedang dalam tahap pembangunan sekaligus memperbaiki pedestrian sepanjang 50 meter di 2018. Tahap selanjutnya, pembangunan kawasan cagar budaya bukan hanya di Jalan Pemuda. Tetapi bakal dibangun di akses masuk Jembatan Panus di Pancoran Mas. “Kami juga sekaligus melakukan pemeliharaan dan pembangunan dermaga di bawah jembatan yang berada di aliran Sungai Ciliwung,” jelasnya. (jif)