DEPOK (Bisnis Jakarta) – Diklaim dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tingkat Kota Depok Tahun 2018. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok bersama Kepolisian Resort (Polres) Kota Depok menggelar operasi gabungan penertiban angkutan dan kendaraan roda dua. Kepala Dishub Kota Depok Dadang Wihana mengaku kegiatan yang digelar di jalan Margonda Raya tersebut juga dinilai sebagai peningkatanan kesadaran pengendara untuk memenuhi standar operasional, seperti kelengkapan surat-surat berkendara.

“Dishub Kota Depok mengerahkan sebanyak 15 personel dan Polresta Depok sebanyak 20 personel. Kegiatan yang kami gelar dalam rangka Harhubnas,” Katanya, Selasa (25/09).

Sementara pemeriksaan difokuskan pada pengendara terutama kelengkapan surat izin trayek angkutan, surat izin pengusaha angkutan, maupun surat uji kir angkutan. Selanjutnya, kendaraan bermotor gencarkan pemeriksaan surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK).

“Para pengendara angkutan yang tak memiliki kelengkapan surat akan diberikan surat tilang untuk mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Depok,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya menghimbau para pengendara angkutan baik perorangan maupun angkutan barang untuk melengkapi surat-surat yang sudah ditetapkan. Sebab, surat tersebut dapat diketahui kelayakan kendaraan untuk beroperasi. “Baik pengendara angkutan maupun kendaraan bermotor harus melengkapi surat-surat berkendara agar keamanan dapat terjamin,” katanya. (jif)