TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Proyek pembangunan Maruga Pond Park yang berlokasi di Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) saat ini kembali dilanjutkan. Maruga Pond Park sebelumnya bernama Tandon Nusa Loka dan dibangun sejak 2017 dan di tahun anggaran 2018 masuk dalam pekerjaan lanjutan dengan nilai kontrak sebesar Rp5,7 miliar.

“Pekerjaan Maruga Pond Park ini akan selesai di Desember, Insyallah kalau tidak ada aral melintang akan diresmikan pada Januari 2019,” ungkap Plt Kepala DPU Kota Tangsel, Aries Kurniawan.

Lebih lanjut Aries mengatakan, pembangunan Maruga Pond Park ini dengan pemenang tender yakni PT Yasuba Dwi Perkasa dengan waktu pelaksaan yakni 160 hari kalender. Nantinya taman ini akan dijadikan destinasi wisata baru untuk masyarakat kota berpenduduk 1,5 juta jiwa ini. Seperti halnya Tandon Ciater di Serpong dan Tandon Pondok Jagung di Serpong Utara.

Untuk di 2018 ini, pelaksanaan lanjutan pekerjaan yang dilakukan berupa pembangunan saluran masuk utama dari Perumahan Ciater Permai dengan box culvert ukuran 1,8×2 m, pembuatan lahan parkir dengan konstruksi baja terdiri dari dua lantai, pemagaran keliling tandon, pembuatan saluran perimeter, pembuatan atap pintu air.

“Tidak hanya itu, tahun ini pun akan dibuat jogging track, halte dan tempat duduk plaza. Tandon ini berfungsi untuk reservoir air dan arena rekreasi atau bisa dijadikan destinasi wisata air,” terangnya.

Maruga Pond Park dibangun diatas lahan 1,2 hektar dengan luas tandon 4.035 meter, kedalaman tandon kurang lebih 2,5 meter. Sedangkan, untuk luas paving block parkiran yakni 347.7 meter, dan jalan tandon atau jogging track 899,2 meter. (nov)