Pihak RS. Dr. Marzoeki Mahdi, Kota Bogor menyiapkan sejumlah kamar khusus untuk perawatan para caleg stress yang gagal pada Pileg 2019.

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Rumah Sakit (RS) Dr. Marzoeki Mahdi, Cilendek, Kota Bogor telah menyiapkan sejumlah fasilitas kamar perawatan khusus untuk para calon legislatif (caleg) gagal dalam kontestasi Pemilihan Umum Legislative (Pileg) 2019 mendatang.

Direktur RS. Dr. Marzoeki Mahdi, Bambang Eko Sunaryanto, mengatakan pihaknya saat ini telah menyiapkan 7 kamar khusus untuk para caleg yang dikawatorkan mengalami gangguan kejiawan, seperti depresi, setres dan lainnya, akibat gagal terpilih menjadi anggota legislative dalam pileg 2019 mendatang.

“Saat ini sudah ada 7 kamar yang kita siapkan. Terdiri dari 2 kamar VIP dan kamar kelas 1 untuk mengangtisipasi hal itu. Kalau memang masih diperlukan, ya nanti akan kita tambah,” kata Bambang, di Bogor. Senin, (01/10).

Bambang menyampaikan, meski pada faktanya sejauh ini pihaknya belum mendapat pasien caleg stress namun antisipasi itu dirasa perlu untuk dialakukan. “Saat ini belum ada. Bahkan dari hasil tes kejiawaan yang sudah dilakukan pada saat penjaringan caleg kemarin semuanya aman dan dinyatakan sehat,” kata dia.

Meski begitu, karena begitu ketatnya persaingan politik demi mendapatkan kursi menjadi anggota legiaslatif di Bogor dikawatirkan akan ada pasien gangguan kejiwaan dari para calon legislatif itu yang harus menjalani rawat inap.

“Kalau merujuk pada pengalaman pileg periode sebelumnya, memang ada caleg yang datang dengan diantar keluarganya untuk menjalani pemeriksaan kejiwaan akibat gagal dalam pemilihan saat itu. Tapi itu hanya beberapa orang saja dan tidak perlu menjalani perawatan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Bambang menegaskan, bahwa RS Marzoeki Mahdi adalah satu-satunya rumah sakit di Kota Bogor yang ditunjuk atau menjadi rujukan untuk pemeriksaan atau tes kejiwaan bagi para calon legislative yang akan bertanding dalam Pileg 2019.

Pada saat itu, jelasnya, para calon anggota legislatif tersebut berkepribadian baik. Mereka juga dinilai memiliki mental yang dinyatakan siap dalam menghadapi problema dari pencalonannya tersebut. “Hasil tes kemarin semuanya lolos,” ujarnya.

7 Kamar khusus yang siap diperuntukkan bagi perawatan para caleg stress di kota Bogor itu telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjangnya. “Fasilitas kamar itu ya seperti kasur empuk yang bersih, TV, AC, kamar madi dan lainnya. Pasien juga mendapat perawatan untuk kejiwaan seperti konseling, bimbingan kerohanian dan lainnya,” pungkas Bambang. (bas)