BNI Plataran X Trail 2018, Explorasi Taman Nasional Bali Barat

    NEGARA (Bisnis Jakarta)-
    BNI kembali menggelar lomba lari bertajuk BNI Plataran X Trail 2018. Lomba yang diselenggarakan Plataran Indonesia, didukung Asian Trail Master, Egon Trail, dan Kemenpar dilepas Direktur Manajemen Risiko BNI Bob Tyasika Ananta bersama Founder & CEO Plataran Indonesia Yozua Makes serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Plataran L’Harmonie Resort, Taman Nasional Bali Barat, Sabtu (6/10).

    BNI Plataran X Trail 2018 yang yang memperebutkan hadiah total Rp 229 juta diikuti sejumlah atlet lari dari mancanegara terbagi dalam tiga kategori, yaitu 70K; 30K; dan 7,2K. "Para pelari berkompetisi, berolahraga, sekaligus menikmati  pesona alam yang indah dan jarang ditemukan di Taman Nasional Bali Barat," ujar Corporate Secretary BNI Kiryanto.

    Selain terus menggelorakan kompetisi olahraga di masyarakat, BNI Plataran X Trail 2018 ini juga menjadi ajang untuk meningkatkan kesadaran akan konservasi lingkungan. Kehadiran BNI dalam kompetisi lari ini sekaligus memperkuat posisinya sebagai Bank BUMN yang peduli dengan lingkungan hidup, ditunjukkan dengan upaya pelestarian ekosistem terumbu karang (Coral Conservation) dan juga  penanaman pohon-pohon endemik di kawasan Taman Nasional Bali Barat. "Pelestarian terumbu karang dan penanaman pohon endemik menjadi bagian dari rangkaian BNI Plataran X Trail 2018," kata Kiryanto.

    Semua kategori lari memiliki tantangannya sendiri, dimana para pelari akan melewati bukit-bukit serta jalanan setapak yang menantang. Sepanjang jalur lari, peserta akan terus disuguhi udara segar dan pesona indahnya Pantai Menjangan, Bali Barat. Saat melintasi jalur hutan, para pelari juga akan melewati beberapa pura dan tempat beribadah Orang Bali yang menjadi ciri khas Pulau Dewata.

    Yozua Makes yang merupakan Founder & CEO Plataran Indonesia menyatakan bangga dapat menyelenggarakan BNI Plataran X Trail kedua kalinya ini. Sebagai lari lintas alam  yang diadakan di Bali Barat, pihaknya juga memiliki fokus pada pelestarian alam dan lingkungan. Tahun ini, BNI Plataran X Trail 2018 juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tetap peduli dan melestarikan warisan dunia yang dilindungi seperti Jalak Bali.

    Pada Race 70 km (men & women), Pemenang Pertama diberikan hadiah senilai Rp 47.400.000,- (terdiri atas Jalak Bali Adoption and Release, BNI Taplus Rp 5.000.000 & 3D2N Plataran Phinisi Felicia Liveboard Experience).
    Untuk Race 30 km (men & women) peserta yang finis pertama memperoleh hadiah senilai Rp 32.400.000,- (terdiri atas BNI Taplus Rp 3.000.000 & 3D2N Plataran Stay Experience.

    Tahun 2018 adalah tahun istimewa bagi Bangsa  Indonesia karena menjadi tuan rumah berbagai perhelatan bertaraf internasional. Belum lama ini, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dimana BNI juga menjadi Official Prestige Digital Banking Partner Asian Games 2018. Dalam waktu dekat, 8 – 14 Oktober 2018, Indonesia juga menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (WB) 2018 di Kawasan Nusa Dua Bali.

    Rangkaian perhelatan internasional tersebut menggaungkan kampanye Indonesia aman kepada seluruh dunia. Sebagai tuan rumah kedua acara tersebut, BNI telah menunjukkan tingginya kepercayaan dunia Internasional terhadap Indonesia di dalam bidang keamanan, stabilitas politik, dan keberhasilan di bidang ekonomi. “Kami bangga Indonesia menjadi tuan rumah dari acara-acara bertaraf internasional tersebut yang juga turut mengkampanyekan bahwa Indonesia aman. Selain itu BNI ingin menunjukan komitmen untuk memberikan dukungan olahraga melalui acara BNI Plataran X Trail 2018,” tambah Kiryanto. (son)