Ratusan Koperasi Bermasalah Dibekukan

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, Anas Rusmana, mengaku telah membekukan ratusan kopersi bermasalah yang ada di kotanya. Upaya itu sengaja dilakukan demi menjaga sekaligus mendorong kemajuan dunia perkoperasian yang ada di Kota Bogor.

“Sudah seratus lebih koperasi bermasalah yang terpaksa kami segel dan dibekukan. Toh percuma saja kalau koperasi itu terus dipertahankan. Sebab, selain bermasalah dari sisi keuangan, rata-rata kepengurusannya sekarang ini juga sudah tidak jelas,” kata Anas Rusmana, saat memberikan Penyuluhan Pembentukan Koperasi Wartawan Karya Mandiri PWI, Kota Bogor. Jum’at, (05/10).

Anas menyebutkan jumlah total koperasi yang saat ini terdata oleh dinasnya tercatat sebanyak 830 kopersi. Dari jumlah itu tercatat rata-rata kopersi yang bermasalah bergerak dibidang jasa usaha simpan pinjam. “Dinas Kopersi saat ini telah memiliki tim khusus yang bertugas melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap koperasi-kopersi yang ada. Ini juga termasuk nantinya kopersi dari para wartawan PWI Kota Bogor ini,” tegasnya.

Melalui pendataan secara berkala, sekaligus program pendampingan dan pembinaan itu diharapkan kopersi-kopersi yang ada di Kota Bogor kedepan akan terus tumbuh dan berkembang secara sehat dalam meensejahterakan para anggotanya. “Kopersi sendiri kan berdiri dari anggota untuk anggota. Jadi buat apa kita capek ngurusin koperasi yang bermasalah seperti itu. Untuk itu kami sesuai arahan Pak Walikota akan focus melakukan pembinaan kepada koperasi yang sekarang berjalan. Itu intinya yang akan menjadi prioritas kami,” tegasnya.

Ketua Koperasi Wartawan Karya Mandiri PWI Kota Bogor, Jecky Wijaya, menegaskan bahwa lahirnya koperasi Wartawan Karya Mandiri PWI Kota Bogor dilatar belakangi keinginan dari para wartawan, khususnya para anggota PWI di Kota Bogor untuk maju bersama dalam kemandirian secara ekonomi melalui wadah badan usaha bersama dalam bentuk koperesi.

“Banyak potensi kedepan yang bisa kita garap untuk mendorong kesejahteraan dari teman-teman wartawan di PWI ini. Mudah mudahan lahirnya kopersi ini akan mendatangkan keberkahan bagi masyarakat Bogor, khususnya kami para journalis yang tergabung di PWI Kota Bogor,” ujarnya. (bas)