DEPOK (Bisnis Jakarta) – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) menggandeng 75 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) mengenai ilmu manajemen selama tiga hari.

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengaku tujuan dari diklat tersebut guna memberikan ilmu, wawasan sekaligus pengalaman dalam mengelola usaha atau bisnis bagi pelaku UMKM. Sehingga diharapkan pelaku usaha memiliki dasar-dasar manajemen atau pengelolaan perusahaan yang baik, meskipun perusahaan atau unit dagangnya masih kecil.

“Dari pelatihan itu materi yang diberikan mulai dari manajemen kepribadian diri, tim dan konsumen, merekrut Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan meningkatkan diri beserta tim, un-lock your right brain power, becoming a true leader & entrepreneur, membangun pasukan re-seller bagi usaha mikro.” Katanya di Depok.

Selain itu ada pula pelatihan manajemen keuangan usaha mikro, akuntansi bagi usaha mikro, marketing digital di era milenial. Bahkan, materi tentang studi kasus dan tips mengelola keuangan usaha mikro, serta menjual produk dan jasa dimanapun, kapanpun dan pada siapapun.

Melalui pelatihan itu ditargetkan taraf usaha peserta dapat meningkat mulai dari usaha mikro ke usaha kecil, kemudian naik menjadi usaha menengah. Sementara bagi para pelaku UMKM yang sudah stabil usahanya mampu mengelola bisnisnya dengan baik dan profesional. “Semua itu agar usahanya dapat berkembang ke tingkat yang lebih tinggi.” Jelasnya. (jif)