Investor Lirik Perpanjangan Rute MRT Hingga Tangsel

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Pemerintah kota Tangerang Selatan (Tangsel) meminta rute Mass Rapid Transit (MRT) diperpanjang ke daerahnya. Pasalnya saat ini rute MRT Jakarta fase I yang akan selesai dibangun hanya menyambungkan lebak bulus-bundaran HI. “Memang ini permintaan dari Pemerintah Kota Tangsel ke provinsi DKI,” ungkap Direktur operasi dan pemeliharaan MRT Jakarta, Agung Wicaksono.

Lebih lanjut Agung mengatakan, saat ini sudah ada investor yang tertarik menanamkan modalnya pada rencana perpanjangan rute MRT dari lebak bulus jakarta hingga ke Tangsel. “Iya sudah ada yang tertarik,” imbuhnya.

Kendati demikian, Agung mengaku belum dapat membeberkan mengenai identitas investor. Sebab ketertarikan masih disampaikan secara lisan. Menurutnya investor masih menunggu feasility study (FS) proyek tersebut. “Kami baru ditugaskan membuat FS. Mungkin selesai 2019,” tandasnya.

Agung menambahkan dalam proyek perpanjangan rute tersebut, swasta diharapkan membiayai dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Sebab biaya yang dikeluarkan besar. “Mahal ya, nanti pemerintah yang melelang dan nanti peran MRT seperti apa akan ditentukan kemudian,” pungkasnya. (nov)