DEPOK (Bisnis Jakarta) – Sedikitnya 90 petani tanaman pangan dan hortilkutura di Kota Depok, mengikuti pelatihan peningkatan hasil panen yang di gelar Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Hortikultura DKPPP, Hermin Kusmiati mengklaim pelatihan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan produktivitas sekaligus kesejahteraan para petani.

“Ini merupakan kelanjutan dari pelatihan teknologi pertanian. Sebelumnya, kami menekankan inovasi pertanian melalui teknologi, sedangkan kali ini fokus pada produktivitas sektor budi daya,” jelasnya.

Dari materi yang disampaikan, pihaknya mencontohkan pelatihan bagi para petani tanaman belimbing yang diajak bersama mencari solusi terkait hama yang terus berevolusi. Sedangkan pada tanaman hias, petani diajarkan teknologi budi daya dengan cara stek tempel dan rooftop garden. Adapula petani sayuran dengan sistem hidroponik masih digemari saat ini. “Kami mengajarkan cara budi daya dan mengatur komposisi campuran media tanam.

“Kami bagi tiga kelompok meliputi, petani tanaman hias, petani buah dan sayuran serta petani padi dan palawija. Nantinya dalam jangka waktu tertentu, akan kami evaluasi,” katanya.

Pelatihan yang diklaim telah menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, pihak juga memberikan bantuan berupa bibit kepada peserta. Sehingga, nantinya tambahan pendapatan melalui peningkatan produksi tanaman dengan pendekatan teknologi yang terus berkembang. “Selain materi, kami memberi praktik langsung dengan didampingi praktisi yang kompeten,” jelasnya. (jif)