CIKANDE (Bisnis Jakarta) – ModernCikande Industrial Estate (MCIE) berkomitmen mengembangkan berbagai fasilitas untuk mendukung aktivitas bisnis para tenant-nya di dalam kawasan industri yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten. Tak heran, saat ini ModernCikande Industrial Estate diminati para investor dan pelaku industri, baik dari dalam maupun luar negeri.

Salah satu bentuk inovasi teranyar MCIE mengembangkan kawasan industri halal pertama di Indonesia. Kawasan industri halal adalah kawasan industri yang semua di dalamnya sesuai dengan standar halal Internasional mulai dari hulu sampai hilir. Ini dikembangkan mengingat Indonesia adalah negara dengan konsumen terbesar produk makanan halal dunia dengan nilai ekonomi mencapai 197 miliar dolar AS, disusul Turki yang mencapai 100 miliar dolar AS.

Melihat peluang tersebut, PT Modern Industrial Estat mulai mengembangkan Modern Halal Valley, sebuah cluster industri halal yang terintegrasi di Indonesia seluas 500 hektar yang berlokasi di ModernCikande Industrial Estate (MCIE) di Cikande, Serang, Banten. Cluster ini nantinya merangkum Halal Intregrated Supply Chain, Standard Factory Building, Industrial Land, dan Logistic Park. ”ModernCikande Industrial Estate ingin berpartisipasi dalam mewujudkan visi Indonesia  membangun ekosistem halal yang lengkap untuk makanan halal dan industri terkait,” ujar Pascall Wilson, Direktur Utama PT Modern Industrial Estat.

Seremonial peresmian penentuan lokasi Cluster Modern Halal Valley secara simbolis ditandai dengan peletakan batu pertama yang dihadiri oleh segenap Jajaran Direksi, Komisaris dan Management PT Modern Industrial Estat beserta Jajaran Direksi, Komisaris dan Management PT Modernland Realty Tbk, Direktur LPPOM MUI, Dr. Ir Lukmanul Hakim,M.si , Kepala Pusat Kerjasama dan Standarisasi Halal, Dr. Nifasri, Direktur Eksekutif Himpunan Kawasan Industri, Fahmi Shahab, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia, Adhi Lukman dan Asisten Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Irfan Sukarna, Rabu (10/10).

Pascall mengatakan, melalui Modern Halal Valley, ModernCikande Industrial Estate siap memfasilitasi investor industri halal, baik lokal maupun asing. Modern Halal Valley menyediakan berbagai kebutuhan penunjang bagi ekosistem halal yang lengkap untuk produksi halal yang efisien serta pendistribusian domestik dan ekspor ke pasar internasional.

“Zona industri halal yang kami kembangkan memiliki infrastruktur dan fasilitas yang menunjang manajemen dan distribusi halal, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun pasar internasional. Kami bahkan berharap nanti cluster ini bisa menjadi ekosistemnya industri halal tanah air,” ujar Pascall.

Cluster industri halal yang terintegrasi di ModernCikande Industrial Estate telah didukung fasilitas dan infrastruktur modern yang telah terintegrasi serta memiliki akses pada jaringan pasar halal global. Kawasan ini juga akan menyediakan jasa layanan yang membantu dan memberi informasi kepada investor asing terkait semua hal tentang investasi di Indonesia.

Langkah awal yang akan dilakukan oleh Modern Halal Valley adalah pembangunan laboratorium halal yang akan diikuti uji fungsi, set up ruangan, pelatihan, dan pendukung operasional lainnya. Dengan adanya laboratorium halal ini, akan memudahkan proses sertifikasi halal, baik industri skala besar, maupun kecil menengah (UKM).

“Tentu kami ingin Modern Halal Valley ini bisa memfasilitasi para stakeholder pelaku industri. Harapannya melalui cluster industri halal yang terintegrasi ini mampu mendorong pertumbuhan industri halal di Indonesia dan membantu Indonesia tak hanya menjadi pasar namun juga menjadi pemain di Industri halal global,” ujar Pascall.

Modern Halal Valley juga merupakan rumah bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), yang memiliki peran strategis sebagai industri pendukung bagi penyediaan bahan baku serta produsen produk konsumen untuk pasar Indonesia dan internasional. Untuk UKM, Moderncikande Industrial Estate menawarkan bangunan dengan ukuran 1.250 meter persegi yang dapat digunakan sebagai pabrik maupun fasilitas penyimpanan dengan standar halal internasional.

Untuk tahap pertama, Modern Halal Valley akan mengembangkan kawasan zona logistik halal internasional yang dibagi dalam beberapa sektor, mulai dari pusat distribusi nasional, kompleks ruang pendingin, dan berbagai sektor lainnya. (grd)