DEPOK (Bisnis Jakarta) – Diklaim untuk kemajuan pariwisata di Kota Depok, Pemerintah Provinisi Jawa Barat (Pemprov Jabar) rencananya bakal menyiapkan dana bantuan sebesar Rp40 miliar. Terkait hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporyata) mengaku menyambut baik hibah keuangan tersebut yang rencanakan untuk pembangunan infrastruktur pariwisata situ.

“Meski masih menunggu rencana hibah dari Pemprov Jabar yang hingga kini belum ada rencana pembahasan mekanisme yang bakal diberikan, tetapi kami menyambut baik hibah itu demi kemajuan pariwisata di Kota Depok,” kata Kepala Disporyata Kota Depok, Rabu, (10/10).

Menurutnya untuk mengembangkan pariwisata di satu daerah bukan hanya pekerjaan dari Disporyat saja. Terlebih, untuk pengembangan situ dibutuhkan partisipasi dari instansi dan dinas terkait. Pihaknya mencontohkan terkait revitalisasi situ terutama untuk yang berbentuk penataan sempadan, pengerukan dan pembersihan bangunan liar (bangli) hal itu menjadi tentu bukan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari Dinas yang dipimpinnya.

“Kami tak sendirian dakam mengelola dana hibah itu, ada juga peran dari Dinas Pembangunan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok dan Dinas Sumber Daya Air Jabar,” ungkapnya.

Pihak juga mengaku sepanjang tahun ini, sudah beberapa pekerjaan telah dilakukan di situ yang ada di Kota Depok. Seperti diantaranya pembuatan area parkir di Situ Jatijajar, pembuatan dermaga di Situ Rawa Kalong dan pemeliharaan fasilitasi di lima situ yang ada di Kota Depok. Yaitu Situ Cilodong, Situ Sawangan, Situ Pengasinan, Situ Jatijajar dan Situ Pendongkelan.

“Sejumlah pekerjaan sudah kerjakan tahun 2018. Kedepannya koordinasi lebih lanjut dengan Pemprov Jabar bakal dilakukan terkait hibah itu. Sehingga nantinya situ yang sudah direvitalisasi Disporyata Depok juga akan membangun dermaga, toilet dan sarana permainan.” Jelasnya. (jif)