Ista 2018, D’kandang Farm Dinilai Mampu Jadi Wisata Potensial

DEPOK (Bisnis Jakarta) – Sebagai kota penyangga ibu kota, wilayah Depok diklaim memiliki berbagai berpotensi menarik sebagai destinasi wisata sekaligus edukasi. Wali Kota Depok Mohammad Idris mengungkapkan kini pihaknya tengah mengembangkan wisata air disejumlah situ dan sungai serta wisata budaya dan wisata buatan.

Dihadapan para juri Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2018 dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Idris mengaku salah satu wisata buatan yang tengah ramai dikunjungi yakni D’kandang Amazing D yang terletak di kawasan Sawangan, Kota Depok. Terlebih lokasi tersebut sudah terbukti menjadi tiga besar diajang ISTA 2018 se-Jawa Barat.

“Meski D’kandang Amazing Farm bukan milik Pemkot tetapi kami mendukung fasilitas dilokasi tersebut seperti memperbaiki akses jalan, mendampingi perizinan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BWSCC) terkait Sungai Pesanggrahan yang melintasi di D’kandang agar bisa dijadikan wisata air seperti river side,” ungkapnya di Depok.

Pihaknya menambahkan keterlibatan swasta dan warga dalam pengembangan wisata agrikultur sangat dibutuhkan. Sebab anggaran pihaknya terbatas terutama untuk membeli lahan, meski demikian pihaknya berharap D’kandang bisa menjadi juara dan membawa Kota Depok ditaraf nasional dan internasional. Pasalnya, D’kandang Amazing Farm maju bersama Kampung Cinangneng Bogor dan Kampung Ekowisata The Lodge Maribaya, Lembang mewakili Jawa Barat, ISTA 2018, untuk maju bersama 43 destinasi wisata lainnya di seluruh Indonesia. (jif)