TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Beragam kegiatan bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan keluarga. Salah satunya adalah yang saat ini tengah marak di kota Tangerang Selatan (Tangsel) yakni kerajinan Talikur.

“Setelah mendapatkan pelatihan dari Dinas Koperasi dan UKM Tangsel, para ibu di Tangsel langsung mempraktekannya di rumah masing-masing hingga menjadi suatu produk,” ungkap Kepala Bidang Data Inovasi dan Teknologi pada Dinkop dan UKM Tangsel, Anafrizal.

Lebih lanjut Anafrizal mengatakan, kerajinan talikur tidak memerlukan waktu khusus, ibu-ibu bisa mengerjakannya sambil nonton televisi, mengobrol dengan keluarga, atau sambil menjaga anak. Karana tidak memerlukan waktu khusus atau fokus untuk mengerjakannya.

“Inilah yang menjadi pilihan kami dalam memberikan latihan talikur. Karena sangat potensial untuk ibu rumah tangga dalam menambah penghasilan keluarga,” imbuhnya.

Anafrizal mengatakan, pihaknya telah menggelar kegiatan peningkatan dan pengembangan ekonomi kreatif koperasi dan UMKM pada ibu rumah tangga di Tangsel dengan memberikan pelatihan talikur. Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan atau skill para pelaku UMKM di Kota Tangsel.

“Harapan kita talikur menjadi salah satu unggulan produk UMKM yang ada di Tangsel, karena kerajinan tangan ini sesuai dengan rekomendasi badan ekonomi kreatif. Dimana bahwa Tangsel adalah kota craft. Jadi saya mengedepankan handycraft disamping kuliner dan fashion,” pungkasnya. (nov)