Sensus PBB Baru Berjalan 40 Persen

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Pelaksaan program sensus PBB di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) hingga kini baru tercapai 40 persen. Padahal sensus sudah berjalan sejak bulan maret lalu dan oktober ini memasuki evaluasi pelaksanaan sensus untuk semua wilayah.

“Selama kami melakukan evaluasi sensus ini, berhasil kami identifikasi beberapa kendala yang menyebabkan tingkat pendataaan masih rendah, yaitu adanya warga yang masih bingung mengisi formulir sensus yang sudah dibagikan oleh ketua RT,” ungkap Kepala bidang pajak daerah I pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tangsel, Sari Yuniandri.

Lebih lanjut Sari mengatakan, ada juga kendala dari beberapa perumahan yang agak eksklusif yang tidak bersedia memberikan data kepada petugas. “Hal ini sudah kami koordinasikan dengan pihak manajemen perumahan, dan jika masih saja ngotot tidak mau memberikan data kami akan tetap lakukan pendataan dan penggambaran peta lokasi bidang,” imbuhnya.

Selain itu menurut Indri masih ada ketua RT yang harus dievaluasi, karena banyak yang tidak memiliki waktu luang untuk berinteraksi dengan warganya terutama untuk perumahan cluster dan untuk solusi ini tim dari Bapenda akan langsung turun membantu para surveiyor. “Para ketua RT pun harus dievaluasi karena ada juga yang tidak memiliki waktu untuk berinteraksi dengan warganya,” tandasnya. (nov)