DEPOK (Bisnis Jakarta) – Petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) bakal mendapat pelatihan Safe And Rescue (SAR), agar nantinya dapat memberikan pertolongan pertama kepada warga yang terkena musibah. Rencananya pelatihan akan diberikan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok pada November mendatang.

Kepala Satpol PP Kota Depok, Yayan Arianto mengaku nantinya para Linmas bakal diberi pelatihan pengenalan sikap jika terjadi suatu peristiwa atau musibah di lingkungan warga. Selain itu, pihaknya akan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok sebagai narasumber setelah sebelumnya telah diberikan materi oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

“Sekiatar 50 anggota Linmas aktif bakal dilibatkan pelatihan, sebelum akhir tahun ini. Sebelumnya, juga telah memberikan pelatihan oleh Damkar, dan kegiatan ini merupakan keberlanjutan dari pelatihan tersebut,” ungkapnya.

Pihak berharap setelah digelar pelatihan anggota Linmas di lapangan bisa mengambil sikap dalam memberikan pertolongan pertama. Baik kejadian bencana, kriminalitas maupun kegawatdaruratan. “Mudah-mudahan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Linmas semakin bertambah dalam menghadapi tugas dalam menjaga lingkungan warga,” harapnya. (jif)