TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Event Hari Koperasi Daerah (Harkopda) Tangerang Selatan (Tangsel) yang digelar di Lapangan Ex Tomang Tol, Pamulang kota Tangerang Selatan (Tangsel) diklaim mencapai perputaran uang hingga Rp 5,2 miliar. Dalam kegiatan tersebut, melibatkan sedikitnya 192 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Harkopda tahun ini diikuti 192 UMKM dan mencapai omzet Rp 5,2 miliar. Ini merupakan suatu momentum bagi kita untuk bisa meningkatkan pendapatan dan kualitas daya saing bagi UMKM tangsel,” ungkap Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Dahlia Nadeak.

Lebih lanjut Dahlia mengatakan, dirinya mengajak seluruh warga Tangsel untuk bergabung dalam koperasi-koperasi di Tangsel dan menggunakan produk-produk lokal sebagai bentuk dukungan UMKM di Tangsel. “Kami juga mengimbau untuk menggunakan produk-produk kota Tangsel agar branding UMKM Tangsel semakin membaik,” imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengajak masyarakatnya untuk menjadi pengusaha. Hanya saja, ia menyarankan agar tidak terlalu memaksakan diri menjadi pengusaha, jika memang jiwanya tak cocok menjadi pengusaha.

“Ketahuilah apa yang menjadi passion atau keinginan bapak ibu. Jangan dipaksakan, kalau bapak ibu bukan jiwanya pengusaha, bukan jiwanya koperasi, jangan terlibat di koperasi, ujungnya ga akan berhasil, akhirnya hanya angka-angka jumlah koperasi yang ada,” tandasnya. (nov)