TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Empat pria yang menyamar sebagai petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Tangerang Selatan (Tangsel) berhasil dibekuk Polres setempat. Mereka terbukti melakukan aksi pemerasan di wilayah Pamulang.

“Salah satu tersangka Rasyid mengaku sebagai petugas BNN berpangkat AKBP (Ajun Komisaris Besar),” ungkap Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, keempat tersangka diketahui berinisial MR, AY, TA, AE. Sedangkan dua orang lain nya bernama Sendi dan Reza masih berstatus DPO. Menurutnya, polisi menerima tiga laporan atas aksi yang dijalankan anggota BNN gadungan tersebut, pertama pada bulan April 2018 dengan korban sebuah toko kosmetik di daerah Pamulang, Tangsel dan pada bulan Oktober ini menerima dua laporan yang sama dengan korban toko sembako dan sebuah rumah WNA asal Jerman di Pamulang, Tangsel. “Modus pelaku adalah berpura-pura menjadi petugas BNN yang sedang melakukan razia,” imbuhnya.

Terhadap warga negara asal Jerman itu komplotan langsung masuk dan menginterogasi dengan mengancam sambil meminta imbalan. Adapun barang bukti yang diamankan berupa tanda pengenal palsu, surat tugas palsu dan borgol untuk melakukan kekerasan terhadap korbannya.

“Yang warga negara Jerman ini rumahnya cukup bagus, dia juga warga negara asing, mereka (komplotan BNN gadungan) langsung masuk,” pungkasnya. (nov)