Tingkatkan Layanan Bandara, AP II Terima Pinjaman Rp 3 Triliun

    JAKARTA (Bisnis Jakarta)-
    PT Bank Maybank Indonesia meningkatkan kemitraan strategis dengan PT Angkasa Pura II dengan menyediakan penambahan fasilitas pinjaman berjangka sebesar Rp 3 triliun.

    Penandatanganan perjanjian kerja sama atas fasilitas pinjaman tersebut dilakukan Head, Public Sector Maybank Indonesia Ricky Antariksa dan Direktur Keuangan AP II Andra Y. Agussalam dengan disaksikan Direktur Perbankan Global Maybank Indonesia Eri Budiono di Tangerang, Senin (15/10).

    Fasilitas pinjaman berjangka 10 tahun yang disediakan Maybank Indonesia, akan digunakan AP II untuk membiayai pengembangan investasi terintegrasi dan berkelanjutan sehingga AP II dapat meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa bandar udara. Sebelumnya pada 2014, Maybank Indonesia juga telah menyediakan fasilitas pinjaman berjangka sebesar Rp1,5 triliun kepada AP II untuk keperluan pengembangan bandar udara yang dikelola AP II.

    AP II merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola 14 bandara di wilayah Barat Indonesia, yakni Bandara Soekarno Hatta, Halim Perdanakusuma, BIJB Kertajati, Husein Sastranegara, Supadio, Banyuwangi, Kualanamu, Silangit, Sultan Mahmud Badaruddin II, Sultan Thaha, Depati Amir, Minangkabau, Sultan Syarif Kasim II, Raja Haji Fisabililah, dan Sultan Iskandar Muda.

    Kemitraan strategis Maybank Indonesia dengan AP II menjadi bagian dari upaya Maybank Indonesia untuk memberikan fokus yang lebih besar pada top tier korporasi lokal dan badan usaha milik negara (BUMN) sebagai bagian dari resegmentasi client focus Perbankan Global Bank dan telah menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.

    Menurut Eri, penyediaan fasilitas pinjaman berjangka kepada AP II sejalan dengan misi humanising financial services, yang merupakan wujud dari komitmen Maybank Indonesia untuk turut mendukung upaya pemerintah di bidang pembangunan infrastruktur di Indonesia, termasuk pengembangan bandara sebagai pendukung transportasi udara dan pariwisata.

    Eri mengapresiasi AP II yang kembali memberikan kepercayaan kepada Maybank Indonesia untuk menjadi penyedia fasilitas pinjaman terbesar, khususnya dalam mendukung pendanaan ekspansi bandara di tanah air yang memiliki peran strategis dalam mendukung transportasi udara dan pariwisata, baik internasional maupun domestik.

    Pada akhirnya, kata Eri, dukungan ini diharapkan dapat ikut memberikan kontribusi positif dalam menggerakkan roda perekonomian nasional. (son)