DEPOK (Bisnis Jakarta) – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 tahun 2018, yang selama ini fokus dalam kesejahteraan, kini diminta turut fokus membantu mewujudkan RW Ramah Anak di wilayah Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok.

Saat membuka kegiatan TMMD 2018, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengaku Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memberi perbedaan dari tahun sebelumnya, dengan mengikutsertakan warga dalam mewujudkan Kota Layak Anak.

“Dengan mengintensifkan program RW Ramah Anak, kini para ibu pun diberikan pelatihan mendongeng untuk mendukung tumbuh kembang anak secara positif.”ujar di Lapangan Bola Jembatan Serong, Senin (15/10).

Idris menjelaskan dalam kegiatan kali pihaknya hanya bersifat memberikan hibah melalui dinas yang bersinergi dengan TNI. Tak hanya Pemkot Depok, sejumlah pihak juga ikut serta dalam TMMD terutama pembekalan untuk warga di bidang-bidang tertentu.

“Seperti Polresta Depok, memberikan pembekalan terkait aturan rambu-rambu lalu lintas, pencegahan bahaya narkoba bagi anak-anak dan pelajar. Dari bidang kesehatan juga ikut serta memonitoring kesehatan masyarakat dalam pemeriksaan kesehatan gratis,” jelasnya.

Sementara Camat Cipayung, Asep Rahmat mengatakan pembangunan yang dilakukan TNI, Perangkat Daerah (PD) Kota Depok serta pihak terkait, bisa dirasakan manfaatnya oleh warga. Terlebih, kegiatannya langsung bersentuhan dengan kebutuhan.

“Kerja sama dalam pembangunan fisik dapat mempercepat perbaikan sarana dan prasarana yang dinilai belum memadai untuk warga. Seperti pembukaan jalan baru atau pelebaran jalan, dan pengerukan kali yang dangkal,” ungkapnya. (jif)